Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan kembali melakukan negosiasi alot soal partisipasi kontingen Korea Utara pada Asian Games bulan depan, setelah pihak Pyongyang setuju mengurangi jumlah delegasinya, demikian dilaporkan kantor berita Yonhap, Selasa.

Korut sempat mengancam mundur dari Asian Games 19 September - 4 Oktober 2014 di Incheon, Korsel, dan menyalahkan tuan rumah yang dinilai tertutup terkait ketentuan melayani sejumlah besar atlet dan ofisial Korut.

Namun Korut melalui surat pekan lalu meminta dilakukannya perundingan lagi dan mengatakan bahwa mereka akan mengurangi jumlah delegasinya dari 352 menjadi 273 orang, kata sumber di kementerian unifikasi Korsel, yang menangani hubungan dengan Pyongyang.

Panitia Asian Games 2014 telah mengirim surat ke Korut melalui petugas LO di perbatasan Panmunjom, tulis Yonhap.

"Pendirian kami adalah, ada masalah dengan rencana Korut yang akan menggunakan rute melintasi Laut Kuning untuk menerbangkan delegasinya. Ada juga isu-isu lain dalam surat itu," kata pejabat kementerian yang tidak ingin disebutkan namanya itu.

Masalah utama lainnya adalah siapa yang akan membayar tagihan untuk melayani delegasi Korut tersebut.

Namun pihak Korsel, seperti dikutip Yonhap, sedang mempertimbangkan untuk bisa fleksibel dalam mengatasi masalah itu.

"Kami akan mengkaji isu-isu yang relevan sesuai dengan kewajiban untuk menyediakan bantuan yang diperlukan untuk atlet dan ofisial Korut yang ke Asian Games," kata pejabat itu.

(Uu.T004)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014