Saya yakin bisa efektif. Apalagi ini nantinya menjadi lembaga baru, di mana biasanya orang di dalamnya akan bekerja dengan lebih semangat,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR RI Olly Dondokambey mendukung wacana pembentukan Badan Pendapatan Negara karena dinilai akan efektif mengatasi permasalahan kurangnya penerimaan pajak negara.

"Saya yakin bisa efektif. Apalagi ini nantinya menjadi lembaga baru, di mana biasanya orang di dalamnya akan bekerja dengan lebih semangat," kata dia setelah mengikuti Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Selasa.

Namun begitu, dia mengakui bahwa badan ini masih sekedar wacana. "Masih panjang untuk dikaji," ujar Olly.

Rencana pembentukan Badan Penerimaan Negara yang memisahkan Dirjen Pajak dari Kementerian Keuangan ini sendiri sedang dikaji oleh pihak Kementerian Keuangan untuk mengoptimalkan pendapatan negara dari pajak.

Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis juga sangat mendukung pembentukan Badan Penerimaan Negara. "Sebenarnya saya sudah memperjuangkan ini sejak tahun 2006 dan yakin badan ini dapat mengatasi permasalahan-permasalahan perpajakan negara," tutur dia.

Namun, Harry menambahkan idealnya Badan Penerimaan Negara yang dibentuk harus berada langsung di bawah presiden.

"Jadi nantinya badan ini akan memiliki wewenang perpajakan yang lebih luas. Bisa melakukan penyidikan, pemeriksaan, dan penahanan," katanya.

Karena itu, lanjut dia, Kementerian Keuangan akan fokus pada perbendaharaan, belanja daerah, dan pengelolaan utang.

"Kalau bisa bukan hanya pajak, tetapi urusan bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak juga harus keluar dari Menteri Keuangan," ujar dia.
(F004/S023)

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014