Medan (ANTARA News) - Pagelaran Pesta atau Festival Danau Toba direncanakan sesuai jadwal atau September dan diharapkan acara itu semakin bisa mengenalkan wisata Sumatera Utara lebih mendunia lagi.

"Pemprov Sumut sudah siap dan sudah menyerahkan ke Pemkab Toba Samosir sebagai tuan rumah penyelenggara," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, H Nurdin Lubis di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu di sela acara Penandatanganan Kontrak Kinerja Para Pimpinan SKPD 2014 di Lingkungan Pemprov Sumut dengan Gubernur Sumut di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut.

Sesuai rencana awal, Pesta Danau Toba akan digelar pada 17-21 September 2014 dan Kabupaten Toba Samosir sudah ditetapkan sebagai penyelenggara dan tahun depan oleh Pemkab Simalungun.

Kegiatan Pesata Danau Toba yang kemudian lebih dikenal dengan Festival Danau Toba (FDT), tahun ini lebih mengetengahkan pada wisata budaya dan wisata olahraga.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution,menyebutkan, persiapan FDT tahun ini harus lebih dimaksimalkan agar hasilnya juga maksimal.

"Kegiatan harusnya memang tidak boleh molor agar wisatawan yang sudah mengetahui agenda itu sebelumnya dan menjadwalkan kedatangan tidak kecewa,"katanya.

Dia menegaskan, sebagai kegiatan wisata tahunan, memang harusnya FDT tidak berubah jadwal untuk memudahkan promosi dan penjualan acara itu ke dalam dan luar negeri.

Solahuddin juga berharap, agar kegiatan itu bersinergi dengan swasta atau pemangku kepentingan lainnya sehingga FDT itu bisa "dijual" mudah oleh pengusaha perjalanan wisata maupun Pemerintah.

Keberhasilan Tour de Singkarak, Sumatera Barat menggaet wisatawan harusnya bisa menjadi salah satu yang dijadikan contoh Pemprov Sumut dalam menggelar FDT.

"Kalau Pemprov Sumut serius meningkatkan kualitas dan mempromosikan objek wisata Sumut, maka harapan bisa kembali meraih jumlah wisatawan sebanyak 500ribuan orang seperti tahun 1990an bisa lebih cepat tercapai," katanya.

Keinginan itu bisa semakin cepat tercapai karena dengan kehadiran Bandara Kualanamu pengganti Polonia, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Sumut tren meningkat.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut mengungkapkan, hingga semester I, jumlah wisatawan sudah naik 5,31 persen dari tahun lalu atau sebanyak 129.382 orang. (*)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014