Tochigi (ANTARA News) - Sebagai salah satu pemain kendaraan komersial terbesar di dunia, Mitsubishi, memiliki sarana uji coba yang besar untuk truk dan bus di Washijuku, Kota Sakura, Provinsi Tochigi, Jepang.

Nama tempatnya Kitsuregawa Proving Ground.

Menuju ke lokasi tersebut memakan waktu sekitar dua jam dari Tokyo dengan bus.

Sarana uji coba truk dan bus tersebut dikembangkan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) sejak 1980.

Fasilitasnya pun lengkap mulai dari sirkuit untuk uji sistem anti- lock brake, uji elektro magnetik, riset mesin, dan uji komponen drivetrain.

"Untuk mengantisipasi kebutuhan di masa datang, fasilitas ini juga telah banyak terlibat dalam riset mesin dan komponen terkemuka," kata Kepala Humas MFTBC PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Intan Vidiasari, di Tochigi, Jepang, Rabu.

Selain itu, Kitsuregawa Proving Ground itu juga menjadi tempat uji coba kendaraan on road, fungsi, kinerja, daya tahan, dan keandalan kendaraan.

"Sirkuit ini juga merupakan salah satu sarana uji yang terbesar di dunia untuk truk dan bus," ujar Intan Luas area lokasi ini mencapai 1,17 juta meter persegi, dengan total panjang area test sebesar 14,4 km.

Di Indonesia, Mitsubishi telah memiliki perakitan truk dan bus di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Mitsubishi melalui KTB menjadi pemimpin pasar di segmen tersebut dengan pangsa pasar 46,5 persen tahun lalu.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014