Lomba Lari Tauhid 10K sempat vacul selama delapan tahun, akan digelar lagi pada 16 November 2014,"
Bandung (ANTARA News) - Dai kondang asal Bandung KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menghidupkan kembali Lomba Lari "Tauhiid 10K" 2014 di Bandung.

"Lomba Lari Tauhid 10K sempat vacul selama delapan tahun, akan digelar lagi pada 16 November 2014," kata Aa Gym di sela-sela jumpa pers di Pendopo Wali Kota Bandung, Rabu.

Pria yang juga pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid di Gegerkalong Kota Bandung itu menyebutkan kegiatan lari 10K itu untuk mencairkan suasana setelah momen pemilihan presiden yang menimbulkan ketegangan.

Lomba itu bertujuan untuk menyatukan semangat semua unsur masyarakat dengan lari bersama lintas agama, suku dan budaya sehingga tepat sebagai simbol semangat kebersamaan.

Menurut Aa Gym, gelaran pertama tahun 2005 di Monas Jakarta diikuti 50 ribu peserta. Sedangkan yang kedua di Bandung pada tahun 2006 diikuti 60 ribu peserta.

"Kota Bandung khususnya Jawa Barat akan menggelar sejumlah even besar dalam beberapa tahun ke depan, sekalian kita juga mensosialisasikan PON XIX/2016 kepada masyarakat Indonesia," katanya.

Sementara Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil berharap pelaksanaan Tauhiid 10K dapat menjadi agenda tahunan. Hal tersebut dikemukakannya.

"Kami mendukung kegiatan Tauhiid 10K yang mempunyai tema Berlari bersama untuk Rahmatan Lil Alamin. Karenanya melalui kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dan di tahun depan bisa dilaksanakan pada bulan September, sehingga bertepatan dengan hari jadi Kota Bandung," kata Wali Kota Bandung itu menambahkan.

(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014