Mendorong percepatan kegiatan utamanya untuk kegiatan-kegiatan dengan alokasi anggaran besar. Dalam menyusun rencana penyerapan anggaran (disbursement) harus disertai dengan rencana pengadaan (procurement) yang sistematis,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, untuk mempercepat penyerapan anggaran tahun 2014 akan dilakukan beberapa langkah.

Menurut Hidayat dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu, salah satu cara untuk mempercepat penyerapan anggaran tersebut adalah mempercepat proses lelang, terutama penunjukan langsung dan lelang sederhana.

Selain itu, pihaknya juga mendorong percepatan kegiatan swakelola, mempercepat proses pembayaran uang muka atau penyelesaian pembayaran untuk termin yang sudah jatuh tempo kepada pihak ketiga.

"Mendorong percepatan kegiatan utamanya untuk kegiatan-kegiatan dengan alokasi anggaran besar. Dalam menyusun rencana penyerapan anggaran (disbursement) harus disertai dengan rencana pengadaan (procurement) yang sistematis," kata Hidayat.

Hidayat menambahkan, pihaknya akan meralat dan merevisi anggaran segera dilakukan untuk kegiatan yang memerlukan penyesuaian. "Koordinasi dengan para stakeholder internal maupun eksternal dalam rangka percepatan revisi dan pencairan anggaran," kata Hidayat. (Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014