Anggota DPD terlalu steril dengan media. Contohnya ada pengawalan yang menurut saya terlalu ketat, jadi seperti pejabat birokrat,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih Nono Sampono mengharapkan anggota DPD periode selanjutnya tidak lagi memosisikan diri seperti pejabat birokrat, yang terkesan steril dari jangkauan publik dan media massa.

"Anggota DPD terlalu steril dengan media. Contohnya ada pengawalan yang menurut saya terlalu ketat, jadi seperti pejabat birokrat," ujar Nono di Jakarta, Rabu.

Nono menyampaikan DPD perlu lebih tampil di publik dengan membawa gagasan-gagasan besar bagi kepentingan rakyat. Untuk merealisasikan hal ini, DPD membutuhkan pemimpin yang tidak hanya mampu menampung aspirasi daerah, namun juga mampu bersanding dengan lembaga-lembaga lain dan memiliki posisi tawar yang cukup.

"Butuh figur yang tepat dan pas, agar lembaga ini punya wibawa dan kredibilitas di mata publik," papar dia.

Pengamat politik dari Centre For Strategic and International Studies (CSIS) J. Kristiadi mengatakan, DPD memiliki peran penting dalam pemerintahan ke depan, sebagai penyeimbang atas tekanan-tekanan yang mungkin muncul dari DPR terhadap pemerintahan selanjutnya.

Kristiadi mengaku dapat membayangkan bagaimana tertutupnya DPD selama ini terhadap publik, khususnya ke media massa.

Sehingga menurut Kristiadi, apa yang perlu dilakukan DPD saat ini agar bisa lebih berperan adalah membawa dan mendengungkan sebuah gagasan besar serta mengoptimalkan perannya dalam hal legislasi.

(R028/Z002)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014