Kita semua berharap komunikasi pak SBY dan Jokowi lancar sehingga proses transisi dari pemerintahan lama ke yang baru berjalan baik. Mungkin dalam pertemuan dua tokoh tersebut bisa dibahas isu-isu penting seperti anggaran,"
Jakarta (ANTARA News) - Pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan presiden terpilih pilpres 2014 Joko Widodo pada (27/8) di Bali diharapkan dapat memuluskan jalannya transisi pemerintahan, kata mantan Kepala Staf Teritorial Panglima TNI Letjen (Purn) Agus Widjojo di Jakarta, Rabu.

"Kita semua berharap komunikasi pak SBY dan Jokowi lancar sehingga proses transisi dari pemerintahan lama ke yang baru berjalan baik. Mungkin dalam pertemuan dua tokoh tersebut bisa dibahas isu-isu penting seperti anggaran," kata Agus dalam sebuah diskusi bertajuk Mengambil Pelajaran Dari Pileg dan Pilpres 2014 Dalam Konteks Transisi Demokrasi Indonesia.

Menurut Agus, pemilu legislatif dan presiden tahun 2014 merupakan pesta demokrasi yang berlangsung relatif damai tanpa pertumpahan darah. Hal tersebut merupakan perkembangan yang baik bagi demokrasi di Indonesia. Dia berharap proses transisi kepemimpinan dari Presiden Yudhoyono ke Joko Widodo juga akan berjalan lancar.

Sebelumnya diberitakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan dengan Presiden terpilih Joko Widodo yang berlangsung di Bali pada Rabu (27/8) akan lebih banyak mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh mantan Walikota Solo itu.

"Pertemuan Presiden SBY dengan Pak Jokowi nanti malam, akan lebih banyak mendengar apa yang ingin disampaikan Pak Jokowi," kata Menko Polhukam Djoko Suyanto dalam pernyataan kepada wartawan yang diterima Antara di Jakarta, Rabu siang.

Djoko Suyanto mengatakan setelah pertemuan yang dijadwalkan berlangsung di kawasan Nusa Dua itu, masih ada beberapa pertemuan komprehensif lainnya.

"Karena setelah pertemuan nanti malam tanggal 27 Agustus ini masih akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan yang lebih komprehensif," tegasnya. (*)

Pewarta: Amie Fenia Arimbi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014