Mexico City (ANTARA News) - Produsen mobil Korea Selatan Kia Motors pada Rabu mengumumkan rencana untuk membangun sebuah pabrik perakitan mobil pertama di Meksiko.

Pabrik senilai satu miliar dolar AS itu akan dibangun di dekat kota Monterrey di Meksiko bagian utara dan akan mulai beroperasi pada 2016, lapor AFP.

Pabrik ini akan memiliki teknologi "canggih" dan memiliki kapasitas untuk membuat 300.000 kendaraan per tahun, wakil presiden perusahaan untuk strategi global, Hyung-Kun Lee mengatakan.

Lee tidak mengatakan jenis atau model kendaraan apa yang akan diproduksi di sana.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, yang bersama dengan Lee untuk pengumuman tersebut, mengatakan produsen mobil Korea Selatan akan berinvestasi lebih dari satu miliar dolar AS dalam proyek tersebut.

KIA adalah produsen mobil asing ketiga yang dalam beberapa bulan terakhir ini mengumumkan proyek besar di Meksiko.

Pada Juli, BMW mengatakan, pihaknya berencana mendirikan sebuah pabrik senilai satu miliar dolar AS di San Luis Potosi dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 kendaraan.

Pada Juni, Renault dan Mercedes-Benz mengumumkan rencana untuk bersama-sama memproduksi hingga 300.000 mobil kompak per tahun di Aguascalientes. Proyek ini melibatkan investasi 1,35 miliar dolar AS.

Meksiko adalah produsen mobil terbesar kedelapan di dunia, dan pengekspor mobil terbesar keempat di dunia.


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014