Saya merasakan momen-momen membanggakan sejak mengawali karir dalam timnas 11 tahun lalu
Madrid (ANTARA News) - Pemain tengah Real Madrid Xabi Alonso mengumumkan pengudurkan diri dari sepak bola internasional pada Rabu.

"Saya ingin mengumumkan bahwa sudah tiba saatnya saya mundur dari sepak bola internasional Spanyol," katanya dalam pernyataan seperti dikutip AFP.

"Hal paling sukar adalah ketika ingin mengatakan selamat tinggal. Setelah berpikir tentang hal itu, saya akhirnya memutuskan sudah tiba saatnya untuk mengakhiri karir saya di kancah internasional," katanya.

Pemain berusia 32 tahun itu merupakan pemain kunci tim nasional Spanyol ketika memenangi Kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012, juga pada Piala Dunia 2010.

"Saya merasakan momen-momen membanggakan sejak mengawali karir dalam timnas 11 tahun lalu," katanya.

"Saya merupakan bagian dari generasi yang berhasil memenuhi impian jutaan pendukung kami, terutama ketika kami memenangi laga Eropa dan Piala Dunia," katanya.

Tapi turnamen besar Alonso yang terakhir berakhir mengecewakan ketika penyandang gelar itu gagal di Piala Dunia Brasil setelah bertanding dua kali lawan Belanda dan Chile pada penyisihan grup.

Alonso mencetak 16 gol dalam 114 pertandingan internasional dan ia mengikuti Xavi Hernandez --yang mengumumkan mundur dari sepak bola internasional.

"Amat sulit untuk meningkatkan apa yang sudah dilakukannya," kata pelatih Spanyol Vicente del Bosque.

"Ia melakukan hal fantastik bersama rekan setimnya. Ia pemain profesional yang hebat," katanya.

Del Bosque akan mengumumkan susunan pemainnya untuk menghadapi laga persahabatan lawan Prancis dan Spanyol akan memulai babak penyisihan Euro 2016 lawan Makedonia, Jumat.

(Uu.A008)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014