Washington (ANTARA News) - Rakyat Amerika Serikat tampaknya sama sekali belum melupakan Mitt Romney yang dua kali menjadi calon presiden dan berulang kali tidak berminat untuk turun ketiga kalinya mencalonkan diri untuk Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016.

Namun hasil sebuah jajak pendapat di Iowa, Rabu waktu AS, menunjukkan bahwa mantan gubernur Massachusetts yang dikalahkan Barack Obama pada Pilpres 2012 itu menjadi favorit untuk menjadi calon presiden 2016.

Survei terhadap warga republiken Iowa yang diselenggarakan Universitas University dan koran USA Today menunjukkan bahwa Romney menempati urutan pertama kandidat presiden 2016 dari kubu Republik dengan mendapatkan 35 persen dukungan.

Menyusul di urutan kedua adalah mantan gubernur Arkansas Mike Huckabee dengan hanya sembilan persen, lalu Gubernur New Jersey Chris Christie 6,5 persen dan mantan senator Rick Santorum pada posisi empat dengan suara enam persen.

Senator Ted Cruz dan Senator Rand Paul masing-masing lima persen.

Namun Selasa pekan ini dalam program radio "The Hugh Hewitt Show", Romney menyatakan orang lain punya kesempatan lebih bagus untuk mencalonkan diri ketimbang dirinya pada 2016 nanti.

"Tapi seperti Anda tahu keadaan bisa saja berubah," sambung Romney seperti dikutip AFP.

Beberapa bulan survei di New Hampshire juga menunjukkan Romney menjadi calon terfavorit.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014