Seoul (ANTARA News) - Samsung Electronics Co Ltd pada Kamis meluncurkan smartwatch pertama yang mampu melakukan maupun menerima panggilan tanpa ponsel di sekitarnya.

Pembuat smartphone terbesar di dunia tersebut telah berusaha keras untuk mengembangkan pasar wearable devices (perangkat dapat dipakai) untuk menyikapi laba yang melambat di divisi mobile-nya.

Samsung tidak sendirian dalam mengembangkan wearable devices (perangkat dapat dipakai), yang belum populer dengan konsumen.

Rivalnya Apple Inc, diperkirakan akan meluncurkan perangkatnya sendiri tahun ini.

LG telah mengumumkan produk barunya G Watch R, smartwatch dengan layar OLED plastik melingkar, bingkai stainless steel dan tali kulit.

Smartwatch baru Samsung, yang disebut Gear S, berbeda dari pendahulunya dengan layar melengkung lebih besar 2 inci (5 cm) dan menawarkan fitur seperti konektivitas WiFi, navigasi pejalan kaki dan built-in GPS.

Perangkat ini akan berjalan pada sistem operasi baru, Tizen Operating System.

Samsung mengatakan Gear S akan mulai dirilis pada bulan Oktober. Tidak ada  rincian harga maupun tempat penjualan pertama.

Sementara itu, LG mengatakan G Watch R miliknya akan diluncurkan pada kuartal keempat, tanpa menyebutkan harga, demikian Reuters.

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014