Kulon Progo (ANTARA News) - Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada unit KP01 bersama perangkat Dusun Kedungtangki, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendeklarasikan antikorupsi dan berani jujur.

Koordinator Program Antikorupsi dari Fakultas Hukum Bhirawa J. Arifi di Kulon Progo, Kamis, mengatakan deklarasi antikorupsi ini dilakukan untuk menciptakan tingkah laku santun, jujur, bersih dan bermoral demi menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi.

"Kami selaku mahasiswa KKN-PPM UGM di Dusun Kedungtangkil merasa tergerak untuk membuat deklarasi antikorupsi di lokasi tempat KKN kami sebagai langkah awal demi terciptanya suatu pemerintahan yang bersih, terutama dimulai dari individu masing-masing untuk menciptakan budaya "berani jujur, hebat!"," kata Bhirawa.

Ia mengharapkan semangat antikorupsi dan berani jujur yang didukung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini diharapkan dapat menjadi suatu motivasi bagi tiap-tiap individu untuk selalu berlaku jujur dalam kondisi apapun sehingga masyarakat untuk tidak sekali-kali mencoba melakukan korupsi dalam bentuk apapun.

Salah satu mahasiswa KKN-PPM UGM di Dusun Kedungtangkil Norma Dias Lindaningrum mengatakan pendidikan antikorupsi memang harus ditanamkan sejak dini. Kejujuran adalah kunci untuk menjauhkan diri dari tindakan korupsi.

"Semoga deklarasi ini membuahkan hasil untuk mencegah maupun memberantas korupsi. Sehingga kedepannya mental anti korupsi dapat ditanamkan demi Indonesia yang bersih," kata mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi UGM ini.

Komitmen antikorupsi dan budaya berani jujur ini dilaksanakan bersama dengan acara pentas seni rakyat Dusun Kedungtangkil sekaligus perpisahan mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada unit KP01 sub unit Kedungtangkil tampak menggunakan pin bertuliskan Pilih yang Jujur. Dengan adanya deklarasi ini diharapkan dapat diikuti dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari terutama berperilaku jujur.

Deklarasi ini dibacakan oleh Kamiran selaku Kepala Dusun Kedungtangkil diikuti semua warga Dusun Kedungtangkil yang hadir. Peluncuran deklarasi ini dikemas dalam bentuk penandatanganan deklarasi secara simbolik oleh perangkat desa, Dusun, RW, RT dan Mahasiswa KKN UGM.

(KR-STR/H008)

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014