Monako (ANTARA News) - Real Madrid akan bermain melawan mantan juara lima kali Liverpool, sedangkan tim raksasa Spanyol lainnya berhadapan dengan klub kaya Paris Saint Germain ketika undian fase grup Liga Champions dilakukan di Monako pada Kamis (Jumat WIB).

Pertarungan sengit tergelar ketika juara 2013 Bayern Muenchen bertemu dengan Manchester City, AS Roma, dan CSKA Moscow di Grup E.

Ini merupakan ketiga kalinya dalam empat tahun Bayern dan City akan saling berhadapan satu sama lain di fase grup.

Bagi juara Liga Utama Inggris, Manchester City, yang gagal lolos dari fase grup pada dua dari tiga tahun terakhir, ini merupakan lanjutan dari laju undian berat di fase ini pada kompetisi klub utama Eropa.

Pada 2011/2012 mereka berpasangan dengan Bayern dan Napoli, dan gagal melaju ke fase gugur setelah gagal mengalahkan tim Italia itu di kandang sendiri.

Setahun kemudian mereka finis di posisi juru kunci, di grup yang dihuni Real, Borussia Dortmund, dan Ajax. Mereka bahkan gagal memenangi satu pertandingan pun.

Hanya pada tahun lalu, ketika mereka kembali bertemu dengan Bayern, City mampu menembus fase grup dan kali ini pekerjaan mereka tidak akan menjadi mudah.

Namun mungkin pertandingan yang paling banyak menyita perhatian adalah ketika juara empat kali Barcelona bertemu dengan PSG, yang merekrut bek tengah asal Brazil David Luiz dari Chelsea pada musim panas.

Ia akan bertemu dengan lawan yang familiar yakni rekrutan baru Barca Luis Suarez, manytan penyerang Liverpool.

Juara empat kali Ajax, salah satu bekas klub Suarez, juga berada di grup F, begitu juga Apoel dari Siprus.

Real dan Liverpool akan percaya diri untuk mampu lolos dari Grup B, ketika tim-tim debutan Ludogorets asal Bulgaria, yang baru dibentuk pada 2001 dan stadionnya hanya mampu menampung 8.000 penggemar, serta klub Swiss Basel, yang menyingkirkan Manchester United di fase ini tiga tahun silam, menantikan mereka.

Partisipasi Ludogorets terjadi sebagian besar berkat aksi heroik bek Cosmin Moti.

Ia memaksakan terjadinya gol pada menit terakhir masa perpanjangan waktu saat mereka memainkan pertandingan playoff kedua yang berakhir imbang 1-1 dengan klub Romania Steaua Bucharest, setelah kiper utama Vladislav Stoyanov diusir keluar lapangan pada menit terakhir.

Pertandingan itu kemudian diselesaikan melalui adu penalti, namun Moti bukan hanya mencetak gol penalti pertama untuk timnya, namun ia juga menggagalkan dua eksekusi tim Romania itu untuk mengirim klub Bulgaria yang ia bela lolos ke fase grup yang menguntungkan secara keuangan.

Setidaknya di atas kertas, bagi juara 2012 Chelsea, yang akan berhadapan dengan tim Jerman Schalke 04, Sporting Lisbon asal Portugal, dan klub Slovenia Maribor di Grup G.

Arsenal, yang berupaya mencapai fase gugur untuk tahun ke-12 secara beruntun, akan dihadang oleh Borussia Dortmund, finalis 2013, pada undian Grup D yang berat, bersama Galatasaray, yang mengalahkan mereka di final Piala UEFA 2000, serta raksasa Belgia Anderlecht.

Runner up tahun lalu Atletico Madrid, juara Liga Spanyol, akan berupaya menyingkirkan juara Italia Juventus di Grup A, bersama juara Yunani, yang biasanya kesulitan di fase ini, dan klub Swedia Malmo,runner up Piala Eropa pada 1979.

Pasangan Portugal FC Porto dan Benfica mendapat undian yang relatif mudah, di mana Porto berada di Grup H bersama dengan tim Ukraina Shakhtar Donetsk, Athletic Bilbao dari Spanyol, dan pewakilan Belarus BATE Boriov.

Benfica, juara dua kali turnamen ini, ditantang tim Rusia Zenit St Petersburg, yang dilatih oleh mantan pelatih Porto Andre Villas-Boas, Bayer Leverkusen dari Jerman, dan Monaco di Grup C.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014