Pengasapan kita lakukan di seluruh lingkungan asrama haji untuk memastikan bahwa lingkungan asrama telah terbebas dari adanya nyamuk demam berdarah
Cikarang (ANTARA News) - Badan Pengelola Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh sarana dan prasarana embarkasi telah siap 100 persen untuk dimanfaatkan para calon haji.

"Secara keseluruhan persiapan sarana dan prasarana di asrama haji telah siap untuk menyambut kedatangan calon jemaah haji," kata Koordinator Akomodasi Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Arif Hidayat di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, saat ini kamar yang tersedia untuk pondokan jemaah sebanyak 135 kamar di gedung Mina A, Mina B, Mina C, dan Mina D.

"Kapasitasnya masih sama seperti tahun sebelumnya, cukup untuk dua kelompok terbang (kloter)," katanya.

Seluruh fasilitas kamar seperti ranjang, kasur, air, dan lainnya sudah dipersiapkan dengan matang guna mengantisipasi keluhan calon haji.

Menurut dia, panitia juga telah melakukan tindakan pengasapan (fogging) untuk membersihkan lingkungan asrama dari ancaman nyamuk demam berdarah.

"Pengasapan kita lakukan di seluruh lingkungan asrama haji untuk memastikan bahwa lingkungan asrama telah terbebas dari adanya nyamuk demam berdarah," katanya.

Sejumlah area pengasapan yang menjadi prioritas adalah di bagian kamar asrama dan dapur karena di tempat yang jarang digunakan tersebut berpotensi menjadi sarang nyamuk demam berdarah.

Menurut dia, pengasapan tersebut merupakan tindakan yang dilakukan atas kerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Arif menambahkan, lingkungan asrama yang memiliki total luas lahan sekitar tiga hektare itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas laundry, kios penukaran mata uang asing, area penjualan pernak pernik haji, dan lainnya yang mendukung pelaksanaan ibadah haji 1435 H/2014.

Meskipun demikian, kata dia, pihaknya saat ini masih tetap melakukan pemeriksaan dan perbaikan terhadap hal-hal kecil yang harus diperbaiki seperti pintu dan jendela yang mungkin terdapat sedikit kerusakan.

"Namun kami pastikan semua pekerjaan tersebut dapat terselesaikan secepat mungkin," ujarnya.

Calon jamaah haji perdana yang akan datang ke asrama haji Embarkasi Jakarta-Bekasi berasal dari Tasikmalaya.

Diperkirakan calon jamaah haji tersebut akan tiba di Asrama Haji Bekasi pada Minggu (31/8) pukul 11.00 WIB.

Total calon jamaah haji yang akan singgah di embarkasi tersebut 30.088 orang yang terbagi dalam 83 kloter. 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014