Kuala Lumpur (ANTARA News) - Malaysia Airlines akan memangkas 30 persen kekuatan kerjanya sebagai bagian dari restrukturisasi yang akan menghembat 6 miliar ringgit (Rp22, 2 triliun), umum pemegang saham mayoritas Khazanah Nasional seperti dikutip Reuters.

Khazanah mengungkapkan bahwa maskapai itu akan memangkas 6.000 stafnya menjadi 14.000 karyawan demi mengatasi rugi jangka panjang yang diperburuk oleh dua kecelakaan pesawat tahun ini.

Yayasan negara ini mengungkapkan bahwa maskapai ini akan di-delist dari Bursa Efek Kuala Lumpur pada akhir  2014, sedangkan Ahmad Jauhari Yahya akan dipertahankan sebagai Kepala Eksekutif sampai Juli 2015.

Khazanah mengaku menyasar maskapai ini kembali beruntung dalam tiga tahun sejak de-listing, dan berencana mendaftarkan kembali ke bursa dalam tiga sampai lima tahun dari sekarang.

Kamis ini, MAS mengungkapkan rugi bersih kuartal kedua melebar sampai 307 juta ringgit dari  176 juta setahun sebelumnya, kendati angka itu naik dari rugi bersih 443 juta ringgit pada kuartal pertama tahun ini.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014