Jenewa (ANTARA News) - Lebih dari tiga juta orang Suriah melarikan diri dari perang saudara yang mengoyak negeri mereka dan menjadi pengungsi, sejuta dari mereka mengungsi tahun lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengabarkan, Jumat.

"Krisis pengungsi Suriah semakain dalam. Jumah mereka sekarang sudah lebih dari tiga juta," kata badan urusan pengungsi PBB (UNHCR).

Ditambahkan, jumlah tersebut belum termasuk ratusan ribu dari mereka yang melarikan diri tetapi tidak tercatat sebagai pengungsi.

Kurang dari setahun yang lalu, jumlah pengungsi yang tercatat mencapai dua juta, kata UNHCR menunjuk laporan mengenai keadaan di dalam negeri yang semakin buruk untuk menggambarkan gelombang pengungsian.

Pada kota-kota tempat penduduk berkumpul, terjadi kelaparan dan warga sipil menjadi sasaran kekerasan dan pembunuhan.

Konflik yang terus meningkat telah menyebabkan 191.000 nyawa melayang sejak pecah perang pada Maret 2011.

Selain masalah pengungsi, kekerasan juga menyebabkan 6,5 juta orang tercerai-berai di dalam negeri, artinya hampir 50 persen dari seluruh warga Suriah telah terpaksa meninggalkan rumah mereka, kata UNHCR.

Para pengungsi Suriah menemukan jalan ke negara-negara tetangga. Lebanon menampung 1,14 juta, Jordania 608.000 dan Turki 815.000 pengungsi, demikian AFP melaporkan.

(SYS/M007/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014