Surabaya (ANTARA News) - Duet penyerang Greg Nwokolo dan Emmanuel "Pacho" Kenmogne kembali menjadi bintang saat membawa Persebaya meraih kemenangan 3-1 atas Persepam Madura United pada pertandingan Indonesia Super League di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat.

Pemain naturalisasi Greg Nwokolo menyumbang dua gol pada menit ke-79 dan 88, melengkapi gol pertama dari eksekusi penalti Pacho yang tercipta pada menit ke-20, setelah pemain lawan "handsball" di kotak terlarang.

Sedangkan satu-satunya gol balasan Persepam MU dihasilkan melalui tendangan jarak jauh Diego Fretes pada menit ke-30, yang tidak terjangkau kiper Ferry Rotinsulu.

Tuan rumah Persebaya sebenarnya bisa menang dengan lebih banyak gol, tapi peluang yang diperoleh Greg Nwokolo, Ricardo Salampessy, Alfin Tuasalamony, dan Issac Pupo masih membentur mistar gawang Persepam yang dijaga Firmansyah.

"Kami kesulitan menembus pertahanan Persepam di babak pertama, karena lawan menumpuk banyak pemain di lini belakang. Usaha anak-anak menyerang lewat bola atas juga sering gagal," kata pelatih Persebaya Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Pelatih yang akrab disapa RD itu juga menyebut empat peluang gol yang diselamatkan mistar gawang Persepam, karena ketidakberuntungan timnya setelah mendominasi permainan sepanjang laga.

"Itulah sepak bola. Empat kali kesempatan anak-anak membobol gawang lawan terbentur mistar, tapi hal seperti itu bisa terjadi pada setiap pertandingan. Yang jelas, saya tetap salut mereka tidak menyerah untuk terus berusaha cetak gol," tambahnya.

Sementara itu, asisten pelatih Persepam MU Rahmad Basuki mengatakan pemainnya kehabisan stamina pada 20 menit terakhir laga, sehingga kesulitan mengimbangi tekanan bertubi-tubi dari Persebaya.

"Target kami memang bisa ambil poin dari Persebaya, tetapi faktor stamina pemain yang kurang mendukung. Anak-anak hanya istirahat dua hari setelah melakoni pertandingan lawan Putra Samarinda," katanya.

Dengan kemenangan ini, Persebaya masih kokoh memimpin klasemen sementara Grup 2 (wilayah timur) dengan nilai 39, sementara Persepam MU tertahan di peringkat ke-7 dengan nilai 22 dan peluangnya ke babak delapan besar tertutup.

Susunan pemain:

- Persebaya: Ferry Rotinsulu (pg), Hasim Kipuw/Ambrizal, Ricardo Salampessy, OK John, Manahati Lestusen, Dedi Kusnandar, Alfin Tuasalamony, M Ilham/Fandi Eko Utomo, Issac Pupo, Greg Nwokolo/Novri Setiawan, Emmanuel Kenmogne.

- Persepam MU: Firmansyah (pg), Eduard Valuta, Fachrudin Wahyu, Firli Apriansyah, Aditia Putra Dewa, Denny Rumba,

Busari/Ade Suhendra, Slamet Nurcahyo, Rossi Noprihanis/Tamo, Diego Fretes, Silvio Escobar.

(D010/I007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014