Detroit, AS (ANTARA News) - Transmisi otomatis 8-percepatan akan memulai debutnya lewat Chevrolet Corvette 2015 dan diperkirakan akan digunakan secara luas pada mobil-mobil mewah dan truk General Motor pada tahun mendatang.

Sebuah prediksi mengenai transmisi itu yang dikeluarkan IHS Automotive, seperti dilansir Automotive News, memperkirakan bahwa GM akan membuat hampir 200.000 gearbox 8-percepatan untuk Chevrolet Silverado and pick up GMC Sierra dalam masing-masing dua tahun kedepan.

Tahun berikutnya, torsi versi rendah dari transmisi diharapkan terdapat pada beberapa jenis Cadillac ATS dan model CTS serta Chevy Camaro.

IHS juga memprediksi, gearbox yang dikembangkan GM di pabriknya di daerah Toledo Ohio itu, akan terdapat pada beberapa kendaraan seperti Chevy Colorado dan GMC yang dimulai pada 2016 dan Chevy Express serta GMC Savana mulai 2018.

GM mengatakan pada bulan lalu bahwa mereka akan menawarkan transmisi, yang disebut 8L90, di beberapa Silverado dan model Sierra, dipasangkan dengan mesin V-8 6.2 liter.

GM belum mengungkapkan target volume atau rencana untuk penggunaan gearbox di mobil selain Corvette.

Kepala Produksi Global GM Mark Reuss mengatakan pada para jurnalis bulan lalu bahwa transmisi dengan jumlah gear yang lebih besar akan menjadi "bagian besar dari deretan produknya". Namun dia menolak menyebutkan secara spesifik model mobil tersebut.

Dalam pengembangan gearbox 8-percepatan untuk Corvette, GM membuat sejumlah tujuan agresif mengenai seberapa cepat pergeseran-pergeseran itu dalam aplikasi performa," kata Reus.

"Tapi kami juga sedang melihat sejumlah besar keuntungan ekonomi bahan bakar pada sejumlah lini produk lain yang kami amati."

IHS memperkirakan bahwa volume produksi transmisi itu akan mulai dikurangi pada 2018. Itu sepertinya akan digantikan dengan produksi transmisi 10-percepatan rear-wheel-drive yang akan dikembangkannya bersama Ford Motor Co, yang diharapkan pada suatu saat dalam 2016.
Penerjemah: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2014