Kapal pertama yang kandas, terjadi pukul 09.00 Wita. Saat akan sandar di Pelabuhan Gilimanuk, kapal terseret arus dan kandas di perairan dangkal,"
Negara (ANTARA News) - Dua kapal yang melayani rute pelayaran di Selat Bali, kandas akibat cuaca buruk di perairan Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Jumat malam.

"Kapal pertama yang kandas, terjadi pukul 09.00 Wita. Saat akan sandar di Pelabuhan Gilimanuk, kapal terseret arus dan kandas di perairan dangkal," kata Syahbandar Pelabuhan Gilimanuk, Nyoman Delon, Sabtu.

Menurutnya, kapal barang ini mengangkut tujuh truk besar, dua truk sedang, dua truk mini dan satu mobil pick up.

"Selain karena air yang surut dengan cepat, kami menduga kapal ini mengambil alur terlalu ke pinggir sehingga gampang terseret arus," ujarnya.

Untuk melepaskan kapal ini dari kandas, ia mengatakan, pihaknya menunggu air pasang, sehingga baru pada pukul 23.55 wita, Kapal Barang Herlina bisa ditarik ke Pelabuhan Gilimanuk dengan menggunakan tug boat.

Usai Kapal Herlina berhasil dievakuasi, giliran Kapal Motor Penumpang (KMP) Trisakti Elpina kandas di posisi yang hampir sama, dan baru bisa ditarik ke Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu pukul 12.00 wita.(*)

Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014