Bekasi (ANTARA News) - Sekitar 400 orang calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang perdana asal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diagendakan tiba di Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi pada Minggu (31/8), sekitar pukul 10.00 WIB.

"Persiapan kami sudah maksimal dan siap menerima kloter perdana asal Tasikmalaya," kata penanggung jawab keamanan Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi, Abdul Rasyid, di Bekasi, Sabtu malam.

Menurutnya, jamaah calon haji akan menginap di asrama yang telah disiapkan untuk mengikuti pemberangkatan menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (1/9) pagi.

"Pelepasan kloter perdana rencananya akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan," katanya.

Dikatakan Rasyid, prosesi penerimaan kedatangan calon haji (calhaj) tersebut akan berlangsung di aula Musdalifah sekaligus pembekalan ibadah haji serta pemeriksaan kesehatan.

"Seluruh barang bawaan calhaj akan kita periksa oleh petugas bandara guna menghindari sejumlah barang bawaan yang terlarang selama di dalam pesawat," katanya.

Barang terlarang itu di antaranya, benda tajam, benda mudah terbakar, rokok, dan sejenisnya yang berpotensi mengancam keselamatan penumpang pesawat.

Barang terlarang tersebut akan disita petugas untuk dikembalikan ke alamat calhaj bersangkutan atau ditahan hingga agenda pemulangan calhaj.

"Intinya, semua aturan ini demi kelancaran dan kondusivitas pelaksanaan ibadah haji," katanya.

(KR-AFR/Z002)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014