Liverpool (ANTARA News) - Chelsea mempermalukan Everton di kandang dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris dengan skor akhir 6-3 di Goodison Park, Liverpool, Minggu dini hari WIB.

Gol untuk Chelsea dicetak oleh Diego Costa pada menit 2 dan 90, Branislav Ivanovic menit 3, Nemanja Matic menit 74, Ramires menit 77 dan sebuah gol bunuh diri oleh pemain belakang Everton, Seamus Coleman, pada menit 67.

Sementara gol tuan rumah diciptakan Kevin Mirallas, Steven Naismith dan penyerang baru debutan Samuel Eto'o masing-masing pada menit 45, 69 dan 75.

Hasil tersebut membuat tim asuhan Jose Mourinho untuk sementara memuncaki klasemen dengan raihan sembilan poin dari tiga kemenangan dalam tiga laga, setara dengan perolehan Swansea di peringkat dua, namun unggul berkat surplus tujuh gol.

Akan tetapi, Chelsea masih bisa tergusur oleh Tottenham Hotspur, yang sementara berada di peringkat tiga dengan enam poin dan surplus lima gol, yang akan menjamu Liverpool di White Hart Lane, pada Minggu malam WIB.

Sementara tim besutan Roberto Martinez masih tertahan di peringkat 15 lantaran belum pernah menang di tiga laga dan hanya mengemas dua hasil imbang untuk memperoleh dua poin.

Chelsea tak butuh waktu lama untuk membuat publik Goodison Park terdiam, di menit pertama, sebuah umpan terukur dari Cesc Fabregas ke Diego Costa diselesaikan dengan tendangan yang sukses menaklukkan penjaga gawang Tim Howard.

Dua menit berselang, Chelsea bahkan langsung menggandakan keunggulan memanfaatkan ketidaksiapan lini belakang Everton setelah Ramires mengirimkan bola matang ke Ivanovic yang berdiri tanpa kawalan dan sukses mengkonversi peluang menjadi gol untuk membuat keadaan sementara menjadi 2-0 atas tuan rumah.

Chelsea masih terus berusaha untuk memperbesar keunggulan dan menguasai permainan, meski tidak mampu mencetak gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

Di lain pihak Everton yang enggan dipermalukan di hadapan publik sendiri berhasil memperkecil ketertinggalan pada pengujung babak pertama lewat gol dari Kevin Mirallas.

Coleman mengirimkan umpan silang yang terukur dan matang ke dalam kotak penalti, yang segera disambut dengan sundulan oleh Mirallas ke pojok atas gawang.

Memasuki babak kedua, Chelsea tetap berusaha mendominasi penguasaan bola dan mengendalikan tempo permainan, hasilnya mereka sukses memperbesar keunggulan menjadi 3-1 setelah umpan silang Eden Hazard yang berusaha dihalau Coleman justru mengarah ke gawang Howard.

Akan tetapi Everton segera memukul balik dan meyakinkan Chelsea bahwa laga belum berakhir lewat gol Steven Naismith dua menit berselang, yang diawali dengan pengendalian bola menawan dari Aiden McGeady sebelum melepaskan bola ke dalam kotak penalti dan diselesaikan dengan baik oleh Naismith.

Sayangnya Chelsea tak gentar dan justru menegaskan keperkasaan mereka dengan merebut kembali keunggulan dua gol dalam skor 4-2 lewat tendangan jarak jauh dari Nemanja Matic pada menit 74.

Everton tak tinggal diam dan berusaha menyatakan bahwa mereka belum habis saat di menit 75 Eto'o mencetak gol pertamanya untuk tim Merseyside Biru itu, hanya lima menit setelah memasuki lapangan menggantikan McGeady.

Eto'o mencetak gol dengan sundulannya yang menyambut bole tendangan bebas dari bek kiri Leighton Baines.

Namun, Chelsea justru sukses menambah dua gol di sisa waktu 15 menit terakhir pertandingan lewat kaki Ramires pada menit 77 dan gol menawan dari Diego Costa pada menit 90 yang dilakukan setelah melewati Sylvain Distin dan Tim Howard dengan tenang.

Chelsea menutup laga dengan kemenangan 6-3 atas tuan rumah Everton.

Berikut susunan lengkap pemain kedua tim dalam laga Everton kontra Chelsea dikutip dari Sky Sports.

Everton (4-2-3-1): 24 - Tim Howard (PG); 23 - Seamus Coleman, 6 - Phil Jagielka (K), 15 - Sylvain Distin, 3 - Leighton Baines; 16 - James McCarthy, 18 - Gareth Barry; 11 - Kevin Mirallas, 14 - Steven Naismith, 7 - Aiden McGeady (5 - Samuel Eto'o); 10 - Romelo Lukaku (17 - Muhamed Besic)

Cadangan: 1 - Joel Robles (PG), 26 - John Stones, 21 - Leon Osman, 4 - Darron Gibson, 30 - Antolin Alcaraz

Pelatih: Roberto Martinez

Chelsea (4-2-3-1): 13 - Thibaut Courtois (PG); 2 - Branislav Ivanovic, 24 - Gary Cahill, 26 - John Terry (K), 28 - Cesar Azpilicueta; 21 - Nemanja Matic, 4 - Cesc Fabregas (11 - Didier Drogba); 7 - Ramires, 22 - Willian (12 - John Obi Mikel), 10 - Eden Hazard (3 - Filipe Luis); 19 - Diego Costa

Cadangan: 1 - Petr Cech (PG), 14 - Andre Schurrle, 5 - Kurt Zouma, 17 - Mohamed Salah,

Pelatih: Jose Mourinho

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014