Kondisi Mario baik, ia selalu sangat siap. Ia tampak fantastis ketika menjalani latihan, dan ia bakal tampil gemilang. Fokus tetap kepada sepak bola, dan ia sungguh sangat siap bertanding
London (ANTARA News) - Faktor Balotelli mendominasi wacana seputar laga berkategori "big match" antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool. Ekstra bincang-bincang mengarah kepada sosok "bengal" yang memperkuat timnas Italia.

Adalah manajer Liverpool Brendan Rodgers yang menyediakan bara bagi api unggun seputar pijar hangat pertandingan kedua tim yang akan digelar di White Hart Lane pada Minggu malam, pukul 19.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh beIN Sports.

Jelas bahwa Rodgers tidak ingin potensi yang dimiliki Mario Balotelli begitu saja terlewatkan. Sementara, manajer Tottenham Hostpur Mauricio Pochettino juga bakal mengerahkan serdadu berpengalaman menghadapi gempuran barisan depan Liverpool.

Spurs tidak ingin lantas kalah angin. Mereka siap menurunkan Roberto Soldado yang sebelumnya mengalami cedera bahu, ditambah rekrutan anyar Federico Fazio. Kedua pemain ini diharapkan menjelma menjadi kekuatan yang menakutkan bagi barisan pertahanan lawan.

Seraya menanti debut Balotelli dan Adam Lallana, The Reds besar kemungkinan menurunkan pemain bertahan Glen Johnson, Alberto Moreno, Martin Skrtel dan Jose Enrique.

Balotelli yang pernah membela Manchester City, tidak kuasa menahan rindu untuk kembali ke Premier League, padahal kali lalu ia menyebut pengembaraannya di jagat sepak bola Inggris merupakan "kekeliruan".

Pemain berusia 24 tahun yang kerap membuat onar dengan aksinya yang serba nyeleneh itu telah menciptakan 26 gol dalam 43 laga ketika membela AC Milan.

Rodgers bukan tanpa maksud mendatangkan Balotelli. Faktor Balotelli merupakan salah satu penentu untuk memwujudkan cita-cita Liverpool bertengger di peringkat teratas klasemen Premier League musim 2014/15.

Bukan sekedar omong tanpa dasar, skuat The Reds menang 2-1 atas Southampton meski harus kalah 1-3 ketika melawan juara Premier League musim lalu, Manchester City.

Komentar dua pelatih:

* Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur):
"Ini musim baru. Saya beranggapan ada gaya yang berbeda, filosofi yang berbeda. Liverpool telah menginvestasikan begitu banyak biaya musim ini, meski kami menempuh cara yang berbeda."

"Kami menaruh sepenuhnya kepercayaan kepada tim dan menambah sejumlah pemain untuk keberimbangan. Ada dua pendekatan yang berbeda

* Brendan Rodgers (Liverpool):
"Kondisi Mario baik, ia selalu sangat siap. Ia tampak fantastis ketika menjalani latihan, dan ia bakal tampil gemilang. Fokus tetap kepada sepak bola, dan ia sungguh sangat siap bertanding."

"Pertandingan ini bukan semata-mata menyangkut Mario Balotelli. Ia pemain yang cakap dan berbakat. Ia punya banyak tugas dan pekerjaan di sini. Kami punya sederet pemain hebat. Bintang dalam tim ini senantiasa menjadi bagian dari tim."
   
 
Data dan fakta:

* The Reds mampu memenangi dua laga melawan Spurs musim lalu.
* Kemenangan 5-0 di White Hart Lane pada 12 Desember 2013 merupakan kemenangan terbesar dalam laga kandang melawan Tottenham.
* Spurs meraih lima kemenangan dalam laga kandang di ajang Premier League dengan total mencetak 18 gol.
* The Reds gagal mempertahankan clean sheet dalam delapan laga terakhir di laga Premier League.
* Liverpool selalu mencetak gol dalam 15 laga tandang di Premier League. Jika saja mereka menjebol gawang Spurs dalam laga kali ini, maka rekor ini menyamai rekor terbaik mereka sejak Mei 1987.
* Ini laga keseratus bagi Brendan Rodgers manakala membesut Liverpool di segala kompetisi. Kalau saja Rodgers menang dalam laga melawan Spurs, maka ia menyamai rekor yang pernah diraih Bill Shankly dan Rafa Benitez dengan mengemas 56 kali kemenangan dalam 100 pertandingan. Sementara Kenny Dalglish mencatat 62 kali kemenangan.
* Mario Balotelli telah mengemas 30 gol dalam 54 pertandingan liga dan kompetisi bersama AC Milan. 15 gol di antaranya dicetak dari open play, 10 gol dari tendangan penalti dan lima gol dari tembakan bebas.

Prakiraan susunan pemain:
    
* Tottenham Hotspur (4-2-3-1):
Lloris (penjaga gawang); Dier, Fazio, Vertonghen, Rose; Capoue, Bentaleb; Chadli, Eriksen, Lamela; Adebayor.
 
* Liverpool (4-3-3):
Mignolet (penjaga gawang); Manquillo, Lovren, Skrtel, Moreno; Gerrard, Allen, Henderson; Sterling, Balotelli, Sturridge.
 
Wasit: Phil Dowd.

 Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Tottenham 1-3 Liverpool (17,27 persen)
* Tottenham 1-2 Liverpool (11,73 persen)
* Tottenham 2-1 Liverpool ( 9,83 persen)

Head to Head:

* England Premier League ‎(EPL)
30 Mar 2014  Liverpool 4 - Tottenham 0     
15 Dec 2013  Tottenham 0 - Liverpool 5     
10 Mar 2013  Liverpool 3 - Tottenham 2     
28 Nov 2012  Tottenham 2 - Liverpool 1     
 
* Laga Persahabatan (FR)
28 Jul 2012  Liverpool 0 - Tottenham 0     

    
Lima laga terakhir:

* Tottenham
28 Aug 2014  Tottenham 3 - AEL Limassol FC 0    EL
24 Aug 2014  Tottenham 4 - QPR 0    EPL
21 Aug 2014  AEL Limassol FC 1 - Tottenham 2    EL
16 Aug 2014  West Ham 0 - Tottenham 1    EPL
 9 Aug 2014  Tottenham 2 - Schalke 04 1    FR

* Liverpool
25 Aug 2014  Manchester City FC 3 - Liverpool 1    EPL
17 Aug 2014  Liverpool 2 - Southampton 1    EPL
10 Aug 2014  Liverpool 4 - Borussia Dortmund 0    FR
 5 Aug 2014  Liverpool 1 - Man Utd. 3    ICC
 2 Aug 2014  AC Milan 0 - Liverpool 2    ICC

Prediksi laga:

* Balotelli perlu membayar lunas kepercayaan dari Liverpool dengan berlaga penuh kesungguhan hati melawan Spurs. Tidak percuma bila ia diboyong dari Milan ke London. Hanya saja, grafik penampilan pemain asal Italia ini kerapkali tidak konstan.

* Balotelli telah menyesaki sejumlah pemberitaan media massa Inggris pekan ini. Ia digadang-gadang bakal mencetak gol ke gawang Spurs. Kedatangannya ke Liverpool seakan menjadi obat penawar luka dengan kepergian Luis Suarez yang nota bene telah mencatatkan diri sebagai pemain yang subur mencetak gol bagi kubu Anfield dalam dua musim lalu.

* Pertanyaan yang menggelayut di benak Rodgers, salah satunya, apakah Balotelli lantas dipasang di depan sebagai ujung tombak tunggal?

* Penampilan Liverpool terbilang menawan dan apik ketika melawan Manchester City meski akhirnya menelan kekalahan. Rodgers perlu membakar semangat bertanding anak asuhannya.

* Spurs di bawah arahan Pochettino lebih menampilkan gaya bermain yang lebih terorganisasi dengan mengandalkan kolektivitas. Spurs bertumpu kepada kecepatan Erik Lamela dan Christian Eriksen

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Tottenham Hotspur: 1
* Liverpool: 2 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014