Solo (ANTARA News) - Sebanyak 1.125 calon haji yang terbagi tiga kelompok terbang (kloter) asal Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta, Jawa Tengah, sudah mulai masuk ke Asrama Haji Donohudan, Ngempak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut Ketua Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta Badrussalam, calon haji (calhaj) yang sudah tiba di Asrama Haji Donohudan, ada tiga rombongan, yakni kloter pertama, kedua, dan ketiga.

Bandrussalam menjelaskan setiap kloter berjumlah 375 calhaj, termasuk lima petugas pendamping. Calhaj kloter pertama dan kedua berasal dari Kabupaten Brebes, sedangkan ketiga gabungan Brebes dan Tegal.

Rombongan calhaj kloter pertama, kata dia, tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali sekitar pukul 06.30 WIB. Mereka setibanya di asrama langsung masuk ke Gedung Jeddah melakukan cek kesehatan terakhir dan pemeriksaan paspor.

Rombongan calhaj kloter kedua yang juga asal Brebes tiba di asrama sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian disusul dengan kloter ketiga gabungan calhaj asal Brebes dan Tegal sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut dia, rombongan calhaj kloter pertama rencana diberangkatkan ke Tanah Suci Arab Saudi melalui Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta, Senin (1/9) pukul 07.45 WIB, dengan penumpang pesawat terbang Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 6001.

"Rombongan calon haji kloter pertama dijadwalkan melalui upacara pemberangkatan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Musdalifah, Senin (1/9), sekitar pukul 05.00 WIB," katanya.

Menurut dia, rombongan calhaj kloter pertama tersebut dijadwalkan tiba di Jeddah, Arab Saudi, Senin (1/9) sekitar pukul 15.20 waktu setempat.

Badrussalam menjelaskan PPIH Embakasi Surakarta pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 26.538 calhaj asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jumlah calon haji sebanyak itu terdiri atas 23.717 orang asal Jateng dan 2.821 orang asal DIY," katanya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau calhaj untuk tetap menjaga kesehatannya agar stamina prima saat perjalanan keberangkatan hingga pemulangan ke Tanah Air.

(B018/D007)

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014