Silverstone, Inggris (ANTARA News) - Juara dunia MotoGP Marc Marquez kembali ke jalur juara dengan mencetak kemenangan kesebelas musim ini setelah adu balap mati-matian di Grand Prix Inggris melawan pebalap sesama Spanyol Jorge Lorenzo hari ini.

Marquez, yang membawa Honda ke pole position yang kesepuluhnya musim ini, sempat tertinggal start dari Lorenzo namun menyalip untuk berbalik memimpin dari juara dua kali juara dunia dari Yamaha itu ketika tujuh lap tersisa.

Lorenzo tak ingin menyerah dan berbalik di depan dapa dua lap kemudian ketika Marquez melebar di Stowe.

Itu bukan akhir ternyata ketika Marquez memacu pada tiga lap sehingga kedua pebalap seperti membukukan waktu bersamaan. Keduanya menyentuh garis finis hanya berselisih 0,732 detik.

Pebalap Italia Valentino Rosso yang menciptakan rekor 246 kali start pada kategori balap top ini, finis di urutan ketiga dengan Yamahanya setelah mendapat persaingan sengit dari pebalap Honda Dani Pedrosa dan penbalap Ducati Andrea Dovizioso.

Marquez, yang hanya sekali kalah musim ini ketika menempati urutan empat pada GP Ceko, kini unggul 89 poin dar Pedrosa yang menjadi juara di Brno namun menempati urutan empat di Silverstone.

Marquez mengoleksi 288 point, Pedrosa 199 dan Rossi 189.

"Jorge jauh lebih kuat dibandingkan yang saya kira," kata Marquez yang dikalahkan Lorenzo tahun lalu, kepada televisis BT Sport.

"Ketika saya melewati dia untuk pertama kalinya saya memperkirakan membuka gap kecil namun saya melakukan kesalahan kecil dan dia berbalik. Pertarungan ini indah," kata dia.

Honda telah memenangi semua balapan musim ini namun Lorenzo telah membawa Yamaha mendekat ke podium.

"Marc menjadi favurit untuk balakan ini namun balapan adalah balapan dan kadang Anda punya kejutan," kata Lorenzo seperti dikutip Reuters.          






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014