Kairo (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdurrahman Mohammad Fachir menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud di Istana Kerajaan di kota Jeddah, Jumat (29/8) pukul 20.30 waktu setempat.

Bersama Dubes RI, terdapat 35 Duta Besar lain yang ikut menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Abdullah, kata siaran pers KBRI Riyadh yang diterima Antara Kairo, Ahad malam.

Saat menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan, Dubes Fachir menyampaikan salam dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan menyampaikan undangan lisan kiranya Raja atau Putra Mahkota berkenan berkunjung ke Indonesia.

Menanggapi undangan lisan tersebut, Raja Abdullah menjawab, "Insya Allah".

Disebutkan, para Duta Besar tersebut diterbangkan dari ibu kota Saudi, Riyadh, menuju ke Jeddah dengan pesawat khusus Kerajaan yang selanjutnya menuju Guest and Conference Palace Jeddah untuk memperoleh briefing mengenai prosesi upacara.

Selanjutnya, para Duta Besar diantar satu per satu dengan mobil khusus dari Guest and Conference Palace ke istana Raja dan diberikan kesempatan untuk memeriksa pasukan kehormatan.

Setelah itu, seluruh Duta Besar dikumpulkan di sebuah ruang tunggu, dan satu per satu menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Abdullah dengan menyebutkan nama dan negara masing-masing.

Raja Abdullah didampingi, antara lain, menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Saud Al Faisal dan beberapa pejabat tinggi kerajaan lainnya dalam prosesi yang berlangsung sangat singkat.

Dalam pidatonya sambutan, Raja Abdullah secara khusus meminta agar para Duta Besar menyampaikan pesan beliau kepada para Pemimpin Negara masing-masing terkait semakin gentingnya bahaya terorisme dan harapan agar lebih meningkatkan kerjasama sehingga benar-benar efektif dalam memeranginya.

Dikatakan, Saudi merupakan negara pendukung utama PBB untuk memerangi terorisme dan memberikan kontribusi yang besar.

Sementara itu, hari Sabtu, 30 Agustus 2014, Dubes dan Ibu Yasmin Fachir menggelar acara syukuran yang diselenggarakan di Wisma Dubes RI.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Kepala Perwakilan RI dan Ibu Komalasari Eddy Basuki, para Home staff dan istri serta para local staff KBRI Riyadh.

Dalam acara tersebut, selain untuk mensyukuri dan berbagi kebahagiaan terkait penyerahan Surat Kepercayaan dari Presiden RI kepada Raja Abdullah.

Dubes RI dalam sambutannya mengajak seluruh staf KBRI Riyadh untuk sama-sama memelihara kepercayaan yang telah diberikan negara dengan melaksanakan tugas-tugas Perwakilan RI di Arab Saudi dengan sebaik-baiknya.

Tugas-tugas diplomatik itu mencakup upaya meningkatkan hubungan bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan, di samping tugas lain dalam memberikan perlindungan kepada WNI, khususnya para TKI.  (M043/Z002)

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014