... untuk mengembangkan industrialisasi dan ketahanan pangan serta diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan... "
Jakarta (ANTARA News) - Kata "unggul" menjadi hal penting bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang sedang giat menyiapkan SDM unggul agar dapat bersaing di tingkat global. 

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo, di Jakarta, Senin, mengatakan, "Keunggulan itu diarahkan untuk mengembangkan industrialisasi dan ketahanan pangan serta diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan."

Dia katakan itu pada wisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan (STP) 2014.

Menurut dia, sistem pendidikan pada satuan pendidikan KKP merupakan pendidikan kejuruan yang mengarah pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter.

Sementara itu pendekatan yang digunakan adalah Teaching Factory dengan komposisi 60 persen praktik dan 40 persen teori.

"Pendekatan ini proses pembelajaran keahlian atau keterampilan yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya dalam suatu alur produksi," ujar dia.

Dengan begitu lulusan dari sekolah kejuruan ilmu perikanan ini diharapkan dapat memiliki kemampuan siap kerja dan dapat bersaing di dunia global.

Pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan Indonesia berbasis pada Ekonomi Biru (Blue Economy) alias bervisi kelautan, yang disasar menjadi satu poros maritim utama dunia.

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014