Banjarbaru (ANTARA News) - Pelamar calon pegawai negeri sipil jalur umum lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, masih belum bisa mendaftar sebagai peserta seleksi karena pilihan instansi di website Panselnas belum muncul.

"Pelamar sudah bisa mengisi form pendaftaran di portal Panselnas tetapi pilihan instansi belum muncul," ujar Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD dan Diklat Kota Banjarbaru Asdi Suryadi di Banjarbaru, Senin.

Menurut Asdi didampingi Kasubbid Formasi dan Pengadaan Pegawai Iwan Setiawan, kondisi itu membuat calon pelamar tidak bisa mengikuti proses pendaftaran lebih lanjut sehingga tidak satu pun pelamar yang terdaftar.

Disebutkan, pilihan instansi yang muncul di portal Panselnas wilayah Kalsel baru empat daerah yakni Pemprov Kalsel, Pemkot Banjarmasin, Pemkab Tapin, dan Pemkob Banjar, daerah lain belum muncul.

"Selama pilihan instansi di portal Panselnas belum muncul maka calon pelamar tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran dan kami juga tidak bisa berbuat apa-apa karena kewenangan ada di tim Panselnas," ucap Iwan.

Ia mengatakan, pihaknya akan menyampaikan surat resmi ke Ketua Tim Panselnas CPNS Kemen PAN-RB terkait kesulitan pelamar mendaftar karena belum munculnya pilihan instansi di portal Panselnas.

"Kami sudah meminta persetujuan Sekdako untuk menyampaikan surat ke ketua tim panselnas. Jika disetujui, surat segera dikirim sebagai bentuk laporan pelamar belum bisa mendaftar di Pemkot Banjarbaru," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya juga telah memperpanjang masa pendaftaran bagi pelamar sampai batas waktu yang belum ditentukan sambil menunggu portal Panselnas bisa memunculkan pilihan instansi.

"Jika pilihan instansi muncul dan pelamar bisa mengikuti proses lebih lanjut, maka terhitung sejak 14 hari ke depan perpanjangan pendaftaran diberlakukan bagi seluruh calon pelamar," katanya.

Salah seorang calon pelamar Budi mengharapkan portal Panselnas bisa segera dibuka hingga ke proses akhir agar pelamar bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi CPNS di lingkup Pemkot Banjarbaru.

"Saya berdomisili di Banjarbaru sehingga mengharapkan portal bisa secepatnya terbuka agar pelamar bisa mendaftarkan diri," ujar alumnus salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Banjarbaru itu.

Sementara formasi CPNS jalur umum yang disediakan Pemerintah Kota Banjarbaru sebanyak 79 formasi terdiri dari 28 formasi tenaga pendidik, 21 formasi tenaga kesehatan dan 30 formasi tenaga teknis.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014