Jakarta (ANTARA News) - Apple bermitra dengan Visa, Martercard, dan American Express untuk membuat iPhone generasi mendatang sekaligus menjadi dompet elektronik.

Dengan fitur baru itu, pemilik iPhone 6 bisa menggunakan ponselnya untuk membayar barang belanjaan di toko-toko ritel yang berpartisipasi, menurut laporan Huffington Post, Selasa.

Apple telah lama dirumorkan akan masuk ke arena pembayaran-mobile, dan laporan terbaru merupakan indikasi akhir bahwa perusahaan tersebut sudah final membuat langkah itu.

Minggu ini, Wired melaporkan bahwa iPhone Apple mendatang akan dilengkapi teknologi pembayaran-mobile yang disebut Near Field Communication.

Laman teknologi The Information menyebutkan bulan lalu bahwa Visa telah menandatangani kesepakatan dengan Apple sebagai mitra, dan Re/Code melaporkan bahwa American Express terlibat juga.

Re/Code juga melaporkan bahwa pemindaian sidik jari iPhone akan menjadi kunci dalam sistem itu--meskipun masih menunggu kepastian saat peluncuran.

Google, Amazon, Facebook, dan Paypal juga sedang dalam langkah mengintegrasikan pembayaran-mobile dalam bisnis mereka. Tapi sejauh ini mereka belum merealisasikan teknologi itu di Amerika Serikat.

Apple diperkirakan akan mengenalkan iPhone 6 dan beberapa gadget lain dalam satu acara pada 9 September ini.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014