Ini untuk melihat seberapa besar udara yang bersih di Pekanbaru.
Pekanbaru (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melakukan serangkaian kegiatan untuk menguji kelayakan udara di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa.

"Ini merupakan bagian dari program langit biru dari Kementerian Lingkungan Hidup," kata Kasubid Pengembangan dan Evaluasi Kebijakan Transportasi dan Air KLH, Endang Hidayat.

Ia menjelaskan, pengujian dilakukan serentak di beberapa titik di Pekanbaru selama tiga hari ke depan. Pengujian yang dilakukan antara lain mengetes kualitas emisi gas buang kendaraan bermotor. Khusus untuk kegiatan itu digelar di depan Purna MTQ di Jalan Jenderal Sudirman.

Setiap kendaraan gratis memeriksakan kualitas emisi gas buangnya, ujarnya.

Pengujian lainnya adalah pengambilan sampel bahan bakar, pemantauan kinerja pengaturan lalu lintas dan inventarisasi kualitas udara di jalan raya.

Untuk mendukung pengujian itu, KLH menempatkan sebuah alat khusus pengukur tingkat pencemaran udara di dekat kantor DPRD Provinsi Riau di Pekanbaru.

"Ini untuk melihat seberapa besar udara yang bersih di Pekanbaru," katanya.

Ia mengatakan kegiatan pengujian itu turut menggandeng Badan Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Satlantas Polresta Pekanbaru dan Universitas Riau.

Kabid Pengendalian Pencemaran BLH Riau, Supriyadi, menambahkan uji emisi kendaraan akan digelar hingga tanggal 4 September setiap hari hingga pukul 16.00 WIB.

Lokasi pengujian akan berpindah-pindah di sejumlah jalan protokol yang ramai dilalui oleh kendaraan.

(F012)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014