Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia asal Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka berhasil melenggang ke babak kedua kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open setelah mengalahkan pemain Malaysia Wei Jian Ai pada babak pertama.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan bahwa lawan-lawan yang dihadapi Hayom Rumbaka masih normal dan masih bisa memenangi pertandingan, terutama pada babak kedua.

"Sejak terdegradasi dari pelatnas di Cipayung, Jakarta, Hayom Rumbaka sudah bertekad untuk bangkit kembali," katanya.

Pada babak pertama kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut, Hayom Rumbaka menang dua games langsung atas pemain Malaysia Wei Jian Ai dengan angka 21-10, 21-5 dalam waktu 25 menit.

Pada babak kedua, Hayom yang kini berada pada peringkat 24 dunia akan menghadapi pemenang antara Viky Anindita (Indonesia) dan Lu Chia Hung (Taiwan).

"Saya kira Hayom akan bisa mengalahkan siapa pun yang akan menjadi lawannya pada babak kedua. Saya berharap Hayom bisa tampil maksimal," kata Yoppy.

Sebenarnya Hayom yang berada pada unggulan pertama akan mendapatkan perlawanan berarti pada babak ketiga, yaitu menghadapi unggulan ke-11 dari Jepang Richi Takeshita. Akan tetapi, yang bersangkutan kalah dari pemain Malaysia Tan Kian Meng dengan rubber games 12-21, 21-13, 19-21.

Tunggal putra Inonesia lainnya Thomi Azizan Mahbub juga melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pemain tuan rumah Nguyen Dinh Tuan Kiet dengan dua games langsung 21-13, 21-15. Pada babak kedua akan menghadapi unggulan ketiga dari Vietnam Nguyen Tien Minh yang sebelumnya mengalahkan pemain Thailand Thammasin Sitthikom 21-17, 21-7.

Kemudian, Sukamto Evert juga melangkah ke babak kedua setelah menang susah payah atas unggulan ke-14 dari Hong Kong Chan Yan Kit dengan 12-21, 21-19, 21-10. Pada babak kedua akan menghadapi pemenang antara Lu Chi Yuan (Taiwan) melawan Nur Mohd Azriyn Ayub (Malaysia).

Pemain Indonesia lainnya, Eka Fajar Kusuma, maju ke babak kedua setelah mengalahkan pemain Malaysia Kuan Beng Hong dengan 21-13, 22-20. Pada babak kedua akan menghadapi pemenang antara Yang Chih Hsun (Taiwan) melawan unggulan ke-16 dari Malaysia Iskandar Zulkarnaen Zainuddin.

Riyanto Subagja juga melangkah ke babak kedua setelah tanpa susah payah menyingkirkan pemain Inggris Michael Spencer-Smith dengan 21-9, 21-9. Pada babak kedua akan menghadapi pemenang antara Kento Nishimoto (Jepang) dan unggulan keempat dari Hong Kong Wong Wing Ki.

Selain mereka, pada nomor tunggal putra Indonesia juga menurunkan beberapa pemainnya, seperti Sony Dwi Kuncoro (unggulan kedua) akan bertemu pemain Taiwan Yang Sheng-Jie di babak pertama, Andre Kurniawan (unggulan kesembilan) menghadapi pemain Singapura Ronald Susilo, Anthony Ginting menghadapi unggulan ke-10 dari Malaysia Chen Chun-Wei, Andrew Susanto menghadapi Chong Yee Han (Malaysia).

Pada nomor tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran baru memainkan pertandingan babak pertama pada hari Rabu (3/9). Pada tunggal putri, Maria Febe Kusumastuti (unggulan ketiga) akan bertemu Vu Thi Trang (Vietnam), Rusydina Antardayu Riodingin menghadapi Lim Chiew Sieh (Malaysia).

Kemudian, Millicent Wiranto bertemu Nozomi Okuhara (Jepang), Ruseli Hartawan bertemu ungulan kelima dari Jepang Kaori Imabeppu, Hana Ramadhini bertemu Chochuwong Pompawee (Thailand), unggulan keempat Adrianti Firdasari menghadapi pemain tuan rumah Pham Nhu Thao, dan Febby Angguni menantang unggulan kedua Pai Yu Po (Taiwan).

(H015/D007)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014