Empat gagasan yang akan disampaikan kepada presiden Indonesia yang baru berkaitan untuk membangun Provinsi Babel,"
Pangkalpinang (ANTARA News) - Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi menyiapkan empat gagasan kepada presiden Republik Indonesia yang baru terpilih yaitu Joko Widodo dan Jusuf Kalla periode 2014-2019.

"Empat gagasan yang akan disampaikan kepada presiden Indonesia yang baru berkaitan untuk membangun Provinsi Babel," ujar orang nomor satu di Babel tersebut di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan keempat gagasan tersebut diantaranya mengenai regulasi pertambangan di Provinsi

Babel yang kini makin semeraut sehingga sangat dibutuhkan perhatian tersendiri dari presiden terkait pertambangan timah.

"Bangka Belitung merupakan daerah tambang sehingga regulasi yang berkaitan dengan provinsi kepulauan sangat berpengaruh pada APBD terutama dalam sisi perhitungan DAU," katanya.

Rustam mengatakan, seringnya krisis listrik di Babel juga menjadi perhatian dan persoalan terpenting bagi gubernur tersebut untuk disampaikan kepada presiden.

"Selain itu kita juga meminta kepada presiden supaya pemerintah pusat memperhatikan pembangunan bandara dan pelabuhan laut di Babel sebab dinilai sangat penting," ujar Rustam yang juga politisi PDI-P.


Ia berharap Joko Widodo bisa mempercepat penanganan gagasan yang akan disampaikan agar mempercepat pembangunan di Babel.

"Pemerintah pusat terutama presiden memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan suatu bangsa sebab pemimpin yang arif dan bijaksana mampu mengondisikan kesejahteraan seluruh masyarakatnya," ujarnya.
(KR-KMN/M009)

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014