Sebenarnya target awal lolos delapan besar ISL sudah tercapai, sehingga saya mencoba menurunkan beberapa pemain yang selama ini banyak duduk di bangku cadangan. Dalam kamus kami juga tidak ada harus selalu menang, tapi turunkan tim terbaik."
Lamongan (ANTARA News) - Persela Lamongan mematahkan rekor tak pernah kalah Persipura Jayapura saat kesebelasan tuan rumah meraih kemenangan 2-0 atas juara bertahan pada lanjutan Indonesia Super League di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Selasa malam.

Persipura datang ke Lamongan dengan berbekal modal sembilan kemenangan dan sembilan hasil imbang, tetapi gol bunuh diri dari Gerald Pangkali pada menit ke-6 dan Zaenal Arifin menit ke-26, membuat rekor bagus "Mutiara Hitam" itu terputus pada laga ke-19.

Kemenangan ini membuat langkah Persela ke babak delapan besar semakin mulus dan kini "Laskar Joko Tingkir" itu berada di peringkat ke-4 klasemen sementara wilayah timur dengan nilai 28, unggul tiga angka dari PSM Makassar dan Persiba Balikpapan.

Roman Golian dan kawan-kawan masih menyisakan satu laga menghadapi Perseru Serui, Papua, di kandang sendiri pada Jumat (5/9). Mereka cukup mencari tambahan satu poin untuk mengamankan tiket delapan besar, mendampingi Persebaya, Persipura dan Mitra Kukar yang sudah lebih dulu lolos.

"Saya memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pemain yang memiliki fighting spirit luar biasa malam ini. Terus terang, anak-anak sedikit terbebani karena harus menang di kandang sendiri," kata pelatih Persela Eduard Tjong usai pertandingan.

Menurut dia, kemenangan atas Persipura membuat motivasi anak-anak asuhnya kembali meningkat dan diharapkan bisa berlanjut pada laga berikutnya.

"Kini jalan kami menuju babak delapan besar makin terbuka dan anak-anak tetap harus fokus pada laga terakhir lawan Perseru," tambahnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago mengatakan timnya sudah tampil maksimal dan mendominasi permainan pada babak kedua, tetapi faktor keberuntungan belum berpihak.

"Sebenarnya target awal lolos delapan besar ISL sudah tercapai, sehingga saya mencoba menurunkan beberapa pemain yang selama ini banyak duduk di bangku cadangan. Dalam kamus kami juga tidak ada harus selalu menang, tapi turunkan tim terbaik," katanya.

Persipura Jayapura masih memiliki satu laga tersisa melawan tuan rumah Persepam Madura United pada Jumat (5/9). "Kami berharap bisa meraih hasil maksimal pada laga terakhir itu," tambah Jacksen.  (D010/T007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014