Jakarta (ANTARA News) - Festival industri kreatif Indonesia, Popular Culture Convention (Popcon) Asia akan menampilkan superhero lokal seperti Gundala, NusantaRanger, Bima X, Gatot Kaca dan Pendekar Tongkat Emas.

"Popcon Asia ingin menampilkan Indonesia ke dunia luar. Bagaimana ikon dan kekayaan intelektual asli Indonesia punya kualitas internasional yang bisa diterima bukan cuma oleh konsumen dari dalam negeri, tetapi juga dari luar," ujar Program Director Popcon Asia 2014, Mayumi Haryoto, di Jakarta, Rabu.

Mayumi mengatakan Popcon dapat membangkitkan karakter-karakter klasik dan karakter baru, seperti Selendang7.

Popcon Asia 2014 yang mengusung tema "Be Pop, Be You" ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, akan menampilkan produk komik, film, mainan dan animasi dari berbagai artis dan pekerja seni dari dalam dan luar negeri.

Beberapa nama yang akan meramaikan festival ini di antaranya, Nakanari (Amerika Serikat), Harvey Tolibao (Filipina), Ardian Syaf dan Komikus DC serta Marvel Comics dari Indonesia.

Para komikus akan melakukan jamstrip (jam session) sementara yang lainnya akan melakukan art battle (adu gambar secara langsung antara dua seniman).

Tak hanya itu, Popcon Asia tahun ini juga akan menghadirkan para pengembang games dari Prancis dan Korea.

Founder Popcon Asia, Grace Goh, mengungkapkan, dari Prancis akan hadir Ankama Studio dengan Wakfu Games-nya dan Ubisoft sebagai pengembang game Assasin Creed.

"Sementara dari Korea akan menghadirkan Pororo dan Robo Car serta beberapa game online dari Gemscool," kata Grace.

Popcon 2014 untuk pertama kalinya akan memberikan  "RA Kosasih Award" yang disebut sebagai penganugerahan tertinggi pada komik Indonesia.

Terdapat juga program "Popbabes 2014", ajang pemilihan perempuan muda yang geek.

Popcon Asia 2014 akan digelar di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan pada 19-21 September ini.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014