Amsterdam (ANTARA News) - Marco van Basten tidak perlu kembali ke posisinya sebagai pelatih klub AZ Alkmaar hingga pertengahan September setelah dia diberi cukup waktu untuk melakukan pemulihan kesehatan, demikian dikatakan klub asal Belanda itu pada Rabu.

Van Basten (49), mantan pemain terbaik Eropa, telah diberi istirahat pekan lalu yang menjadikan dia tidak ikut menangani timnas saat timnya menang 3-1 di Dordrecht pada Sabtu.

"Marco van Basten sedang diberi kelonggaran waktu oleh AZ untuk istirahat, setelah adanya pembicaraan antara klub dan pelatih yang akhirnya memutuskan dia akan tetap tinggal di rumah hingga Minggu 14 September dan setelah itu akan kembali ke Alkmaar," kata sebuah pernyataan dalam laman klub (www.az.nl).

"Berdasar saran dokter klub dan pembicaraan dengan Marco, maka diputuskan dia harus istirahat untuk membantu kepulihan kesehatannya, sepak bola memang penting tapi kesehatan lebih penting dari pada itu," tambah direktur teknik AZ Ernie Stewart.

Namun AZ tidak merinci tentang masalah kesehatan Van Basten, namun media Belanda melaporkan bahwa dia mengalami sakit jantung sejak kematian ayahnya bulan lalu, demikian Reuters.

(A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014