Pembatalan dikarenakan memang ada hal-hal atau syarat-sayarat yang masih perlu dipenuhi,"
Jambi (ANTARA News) - Penetepan status Embarkasi Haji Antara untuk Jambi ditunda hingga tahun depan, karena beberapa persiapan belum dipenuhi, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin.

"Pembatalan dikarenakan memang ada hal-hal atau syarat-sayarat yang masih perlu dipenuhi," kata Menteri usai membuka Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) Nasional V di Jambi, Rabu.

Sebelumnya, Pemprov Jambi tahun ini sudah merencanakan akan memberangkatkan haji melalui Embarkasi Antara Jambi, bahkan beberapa waktu lalu tim dari Kementrian Agama sudah meninjau kesiapan tersebut.

Menurut Menag, ditundanya penetapan status Embarkasi Antara itu karena masih ada kekurangan, yakni kesehatan dan keimigrasian, keduanya harus terlebih dahulu dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

"Insya Allah tahun depan Embarkasi Haji Antara untuk Jambi bisa diluncurkan," tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus membenarkan bahwa Embarkasi Antara untuk Jambi masih ada kendala, sehingga tahun ini pemberangkatan kloter haji masih menggunakan Embarkasi Batam dan Padang.

"Embarkasi Antara semula tahun ini, itu sudah final dengan Pak Menteri, tapi ternyata angkutan haji itu sudah ditandatangani dan ditetapkan Pemerintah Saudi Arabia, yakni melalui Embarkasi Padang dan Batam," katanya.

Ia mengatakan, jika Embarkasi Antara Jambi sudah dimulai tahun ini sebenarnya hanya memberangkatkan jemaah haji Provinsi Jambi wilayah timur, sementara jemaah di wilayah barat tetap mengunakan Embarkasi Padang.

Gubernur tetap optimistis Jambi bisa memiliki embarkasi sendiri, dan akan dilaksanakan tahun depan.

"Kita tetap optimistis menuju embarkasi sendiri. Bapak Menteri sudah berjanji 2015 sudah bisa dimulai," katanya.
(KR-NF/E003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014