Perempuan pasien tersebut dibawa ke rumah sakit yang sama dengan Iyke Enemuo, seorang dokter yang belum lama ini meninggal akibat Ebola...
Abuja (ANTARA News) - Seorang pasien Ebola meninggal di Nigeria pada Rabu (3/9), sehingga jumlah seluruh kematian akibat penyakit itu di negara Afrika Barat tersebut jadi tujuh, kata seorang pejabat.

Menteri Kesehatan Nigeria, Onyebuchi Chukwu, di Abuja, mengatakan bahwa jumlah kematian akibat penyakit virus Ebola (EVD) di Nigeria bertambah jadi tujuh, setelah seorang pasien perempuan meninggal, di rumah sakit Port Harcourt, Ibu Kota Negaa Bagian Rivers yang kaya akan minyak.

"Perempuan pasien tersebut dibawa ke rumah sakit yang sama dengan Iyke Enemuo, seorang dokter yang belum lama ini meninggal akibat Ebola di Port Harcourt," kata pejabat itu, sebagaimana dikutip Xinhua.

Sementara itu, ia menjelaskan, seorang pasien berhasil pulih sepenuhnya dari EVD dan diperkenankan pulang dari ruang isolasi di Lagos, Selasa. Pasien paling akhir yang diperkenankan pulang itu membuat jumlah pasien yang sepenuhnya sembuh dari Ebola jadi delapan di negara paling padat di Afrika tersebut.

Namun, tambahnya, seluruh jumlah pasien EVD di Negeria yang saat ini masih dirawat ada dua.

"Satu orang (pasien) berada di ruang isolasi Lagos dan satu lagi di ruang isolasi di Port Harcourt," katanya.

Nigeria pekan lalu mengumumkan negara tersebut hampir terbebas dari Ebola, tapi Chukwu mengatakan itu akan menjadi kenyataan setelah kasus baru di bagian selatan negeri tersebut telah diobati secara seksama dan berhasil.

Hampir 2.000 orang sejauh ini telah meninggal akibat Ebola sejak wabah paling akhir menyebar di beberapa negara Afrika.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014