Bari (ANTARA News) - Pelatih baru timnas Italia Antonio Conte berharap kepada para pemain agar lebih mengedepankan sikap apa adanya ketimbang bersikap munafik atau bersikap penuh tipu daya.

Conte tidak ingin para pemainnya "berwajah manis tapi penuh tipu daya".

Juru taktik skuat Azzurri itu akan melakoni debut melawan Belanda dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion San Nicola di Bari pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Conte ingin para pemain asuhannya bersikap tegas perwira layaknya pria sejati. "Apakah para pemain hendaknya bersikap seperti saya? Meniru adalah relatif saja."

"Saya berharap kepada para pemain untuk mampu menghargai setiap apa yang benar ketimbang berbohong yang terbungkus hal-hal yang manis belaka," kata Conte dalam jumpa pers yang dikutip dari situs Football Italy.

"Yang pertama dan utama, kebenaran mampu mendorong saya berbuat sesuatu. Kami coba bekerja di sini, tidak ingin mencari popularitas semata. Sebagaimana saya pernah katakan, saya tidak ingin dijauhi para pemain. Inilah sikap empati yang sesungguhnya."

Gigi Buffon merupakan salah satu pemain yang menghargai dan menaruh hormat kepada sikap Conte sebagai pelatih sepak bola.

"Saya berharap sikapnya itu tidak keliru. Perkataannya mencerminkan bahwa dia pemimpin kami, mantan teman sejawat, mantan teman satu tim. Semuanya itu sungguh luar biasa dan membanggakan."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014