Pertandingan kami tadi sangat menguras tenaga pada dua jam pertama
New York (ANTARA News) - Petenis putra nomor satu dunia Novak Djokovic menaklukkan rival lamanya, Andi Murray, untuk lolos ke babak semifinal turnamen tenis AS Terbuka di New York.

Bermain di bawah sorotan lampu stadion Flushing Meadows, Rabu malam (Kamis WIB), Djokovic menang 7-6 (1) 6-7 6-2 6-4 dalam pertarungan melelahkan atas petenis Inggris itu, dan akan menghadapi pemain Jepang Kei Nishikori di babak semifinal.

"Pertandingan kami tadi sangat menguras tenaga pada dua jam pertama. Saya senang dapat melaluinya dan kembali mencapai semifinal," kata Djokovic seperti dikutip Reuters.

Partai tersebut juga merupakan ulangan final AS Terbuka 2012 yang ketika itu dimenangi Murray.

"Kami sama-sama mengerahkan kemampuan terbaik. Kami juga membuat banyak kesalahan, tapi itu karena pertandingannya sangat menguras tenaga di dua set pertama," kata petenis Serbia itu.

Murray sempat meminta kompres air hangat di punggungnya pada pertengahan set keempat.

Namun ia tetap dapat menampilkan kemampuan terbaiknya sejak pulih dari cedera punggung 11 bulan lalu, dan sempat menyulitkan Djokovic.

Murray belum meraih gelar lagi sejak menjuarai grand slam Wimbledon 2003.

"Saya telah mencoba yang terbaik untuk bertahan di set keempat, tapi dia tampak lebih bugar dari saya," kata Murray yang mengaku sempat mengalami kejang pada paha dan punggungnya saat cuaca malam makin dingin.

Sementara itu untuk partai semifinal, rekor pertemuan Djokovic dan  Nishikori adalah 1-1, namun pertemuan terakhir mereka adalah tiga tahun lalu.

"Hebat bagi dia dan Jepang bisa masuk semifinal. Pukulan dan gerakannya sangat bagus," kata Djokovic yang dalam empat kali turnamen AS Terbuka sebelumnya selalu mencapai final.

(Uu.T004) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014