Samarinda (ANTARA News) - Tim Putra Samarinda (Pusam) siap meredam kekuatan pimpinan klasemen Wilayah Timur, Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Utama Kaltim, Jumat mendatang (5/9).

Pelatih Pusam Nil Maizar di Samarinda, Kamis, mengatakan, anak asuhnya akan bermain lepas menghadapi "Bajul Ijo", karena sudah lolos dari zona degradasi untuk musim depan.

"Pertandingan terberat sudah kami lalui melawan PSM kemarin, Alhamdulillah kami bisa meraih tiga angka dan masuk dalam zona aman, sekarang ini lawan Persebaya, kami tetap akan fokus, karena sudah pasti kami juga mengincar hasil maksimal," tutur Nil.

Nil mengakui bahwa Persebaya merupakan lawan yang tangguh, hal tersebut dibuktikan dengan kesuksesannya mengalahkan tim papan atas Mitra Kukar di kandangnya, sehingga perlu perjuangan ekstra keras dari skuad Pusam untuk meredam tim asal Surabaya tersebut.

Utamanya, lanjut Nil pergerakan dua pemain depan Greg dan Paco Kenmogne harus ditempel ketat, karena selain kecepatan keduanya juga mempunyai naluri mencetak gol yang cukup bagus.

"Harus ada pressing dari pemain kita, bukan hanya untuk dua pemain tersebut, namun pemain lawan secara keseluruhan minimal tim lawan tidak bisa berkreasi," jelas Nil.

Absennya M Roby dan Sandi Darma Sute yang cidera di pertandingan terakhir, menambah rentetan pemain Pusam yang bakal absen setelah sebelumnya Ibrahim Lovinian, Rio Ramandika dan Loudrey Meliana masih dalam masa penyembuhan.

"Memang bakal ada rotasi pemain, untuk menutupi lini yang kurang, tapi untuk strategi mungkin hampir sama dengan pertandingan sebelumnya yang sudah kita lakoni," tutur Nil.

Hal yang memungkinkan terjadinya rotasi dikatakan Nil, seperti mengembalikan lagi posisi Naser Alsebay di posisi center bek, paska kemungkinan absennya M Roby.

"Naser akan kita duetkan dengan Wahyu Kristanto, atau mungkin Rio kalau memang dia sudah fit, tinggal menunggu saja kondisi terakhir," tegas Nil.

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014