... batik Geblek Renteng ini mampu menjadi identitas dan warisan budaya bangsa... "
Kulon Progo, DIY (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba karya desain busana batik khas kabupaten itu, Geblek Renteng.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kulon Progo, Eko Wardana, Kamis, mengatakan, dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni budaya batik, akan diselenggarakan lomba rancang busana batik Geblek Renteng.

"Karya pemenang akan kami anjurkan menjadi pakaian batik yang digunakan instansi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat dan sekolah-sekolah di Kabupaten Kulon Progo dengan ketentuan yang akan diatur kemudian," kata dia.

Harapan lain, busana batik Geblek Renteng ini mampu menjadi identitas dan warisan budaya bangsa.

Adapun lomba desain batik khas Kulon Progo meliputi busana/pakaian kerja pria, wanita, kasual pria dan wanita. Kriteria penilaian meliputi artistik, unik dan orisinal, kreativitas, mengikuti trend modw dan penampilan keseluruhan saat ditampilkan.

Pendaftaran dimulai 15 Agustus-15 September, pengumpulan sketsa desain busana paling lambat 30 September, penguman sepuluh nominaai dimasing-masing kategori pada 2 Oktober dan penentuan pemenang pada 18 Oktober.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014