New York (ANTARA News) - Joan Rivers, pelopor pelawak yang dikenal dengan sindiran tajam dan cerdik, dengan ciri khas melontarkan pertanyan "Apa kita bisa bicara?" meninggal dunia pada Kamis dalam usia 81 tahun.

Rivers tutup usia saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di New York, seminggu setelah jantungnya berhenti mendadak ketika menjalani tindakan medis untuk pita suaranya.

Melissa Rivers, putri tunggalnya mengatakan, sang ibu meninggal dengan tenang tepat pada pukul 13.17 siang, dikelilingi keluarga dan sahabat-sahabatnya.

"Kebahagiaan terbesar dalam hidup ibu saya adalah bisa membuat orang lain tertawa. Meskipun sulit untuk melakukannya saat ini, saya tahu bahwa keinginannya yang terakhir adalah kami semua kembali tertawa dalam waktu secepatnya," kata Melissa Rivers.

Belum ada kabar mengenai rencana pemakaman artis tersebut.

Rivers adalah komedian terkenal kedua yang meninggal dalam waktu kurang dari satu bulan.

Pelawak inovatif dan aktor berbakat, Robin Williams (63) ditemukan gantung diri pada 13 Agustus di California.

Ketika berita kematian Rivers beredar, para juru foro, wartawan dan kru televisi berkerumun di luar rumah sakit tempat ia mengembuskan nafas terakhirnya sedangkan para pengagumnya meletakkan karangan bunga di depan pintu masuk rumahnya di Upper East Side, Manhattan.

Artis kelahiran Brooklyn yang pernah menyebut dirinya sendiri sebagai "gadis poster bedah plastik" dan kerap bercanda mengenai tindakan bedah plastik yang banyak dilakukannya, mengalami gagal jantung saat menjalani tindakan medis atas pita suaranya pada 28 Agustus yang lalu.
(M007)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014