Kirkuk, Irak (ANTARA News) - Serangan-serangan udara di Irak utara, Kamis, menewaskan seorang staf penting pemimpin gerilyawan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, kata seorang perwira tinggi angkatan darat negara itu.

"Pesawat-pesawat tempur Irak melakukan operasi keamanan hari ini, yang menewaskan Abu Hajr al-Suri," kata Jenderal Babaker Zebari kepada AFP.

Zebari mengatakan serangan di Provinsi Nineveh itu dilakukan "berdasarkan informasi intelijen yang akurat," dan target telah dihancurkan.

Tidak mungkin untuk mendapatkan konfirmasi yang independen mengenai kematian Suri itu.

Daerah di mana serangan itu dilakukakn terletak antara Mosul dan Tal Afar, yang berada di luar kekuasaan pemerintah, yang menimbulkan satu tantangan besar untuk memverfikasi kematian Suri.

Gerilyawan yang dipimpin ISIS, sekarang berganti nama IS (Negara Islam), melancarkan satu serangan besar-besaran Juni, merebut kota terbesar kedua Irak, Mosul dan kemudian membersihkan daerah luas tempat tingal banyak warga Arab Sunni.

Kelompok itu juga menguasai wilayah penting di Suriah, dan mengumumkan satu "kekhalifahan" di lintas perbatasan kedua negara di mana mereka melakukan tindakan yang kejam yang membuat marah dunia.

ISIS melancarkan satu gerak maju baru di Irak bulan lalu yang menghalau pasukan Kurdi ke arah ibu kota wilayah otonomi mereka, yang memicu serangan-serangan udara Amerika Serikat yang membantu mereka merebut kembali sejumlah daerah.

Pemerintah federal meraih kemenangan militer besar pertamanya dalam konflik itu pada Minggu, ketika pasukan Irak, milisi Syiah dan para petempur Kurdi mematahkan pengepungan selama beberapa bulan oleh gerilyawan ISIS di kota Amerli dan daerah-daerah sekelilingnya.

(Uu.H-RN)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014