Pontianak (ANTARA News) - Provinsi Kalimantan Barat akan memulai pendaftaran "online" rekrutmen CPNS Tahun 2014 secara serentak pada 10 - 24 September.

"Pengumuman lowongan formasi, mulai tanggal 8 September hingga 22 September," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalbar, Kartius di Pontianak, Jumat.

Sedangkan jadwal penerimaan berkas hingga pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) ditentukan masing-masing pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalbar.

Ia melanjutkan, pelaksanaan pengadaan CPNS Tahun 2014 berbeda sistem dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, kata dia, wajib diterapkannya Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) saat pendaftaran dan sistem CAT untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) bagi seluruh instansi baik pusat maupun daerah yang melaksanakan Pengadaan CPNS.

Sementara dasar pelaksanaan pengadaan CPNS di suatu instansi adalah adanya Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN-RB RI) tentang Formasi CPNS.

"Untuk Pemda se-Kalbar, penetapan formasi telah diterima seluruhnya pada tanggal 1 September 2014," katanya.

Berdasarkan kesepakatan Kepala Badan/Bagian Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota se-Kalbar pada Rapat Koordinasi tanggal 25 Agustus 2014, bahwa pendaftaran "online" CPNS Tahun 2014 akan dilaksanakan secara serentak.

Sedangkan untuk CAT, bagi Pemprov Kalbar lokasinya di Sekolah Tinggi Manajemen, Informatika dan Komputer Pontianak yang memiliki kapasitas 135 komputer. Pelaksanaannya dibagi dalam beberapa sesi per hari, disesuaikan dengan jumlah pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi melalui SSCN dan verifikasi data dan dokumen.

"Untuk kabupaten dan kota, ditentukan masing-masing daerah," kata Kartius.

Pelaksanaan CAT oleh petugas dari Kantor Regional V BKN dan BKN Pusat, sementara panitia seleksi daerah (Panselda) menyiapkan sarana dan prasarana.

Tes kompetensi dasar meliputi Wawasan Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI); Tes Intelegensi Umum (kemampuan verbal, numerik, berfikir logis dan berfikir analitis); Tes Karakteristik Pribadi (integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri, tuntas, bekerjasama dalam kelompok, menggerakkan dan mengkoordinir orang lain).

***1***

(T.T011/B/Y008/Y008) 05-09-2014 15:00:49

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014