Sukabumi (ANTARA News) - Sebanyak 180 calon haji asal Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat diberangkatkan, satu diantaranya petugas tim pembimbing haji daerah dan 33 pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah daerah setempat.

Ratusan calon haji itu dilepas langsung oleh Wali Kota Sukabumi M Muraz, di mana sebelumnya dikumpulkan dahulu di Gedung Joang Kota Sukabumi.

"Para calon haji ini patut bersyukur karena di antara umat Islam yang ada di Kota Sukabumi mereka merupakan yang dipilih Allah SWT untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci di Mekkah," kata Muraz dalam sambutannya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh umah Islam di Kota Sukabumi untuk bersama-sama berdoa agar seluruh calon haji senantiasa dikaruniai kesehatan dan keselamatan lahir batin agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan sempurna, dan dapat kembali ke Kota Sukabumi dengan selamat, dengan menyandang gelar haji mabrur.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi Entis Sutisna mengatakan keberangkatan calon haji tersebut terlebih dahulu menuju Asrama Haji Bekasi, dan selanjutnya menuju Tanah Suci di Arab Saudi dengan bergabung di kloter 10 gelombang 1 beserta jamaah asal Kabupaten Sukabumi.

Dari jumlah calon haji itu ada 33 orang dari kalangan PNS di lingkungan Pemkot Sukabumi yang terdiri atas 15 orang guru, dan 18 orang nonguru.

"Kami juga mengimbau kepada calon haji agar selalu menjaga kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan ibadah hajinya," katanya.

(KR-ADR/A035)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014