... lebih cepat sedetik dari siapapun pada trek tercepat di kalender... "
Monza, Italia (ANTARA News) - Lewis Hamilton tidak membuang waktu untuk menegaskan kemampuannya pada latihan resmi Grand Prix Italia, di Sirkuit Monza, Jumat, di mana pebalap Mercedes itu mencatatkan waktu lebih cepat sedetik dari siapapun pada trek tercepat di kalender.

Pebalap Inggris Raya itu, yang mengundurkan diri di Belgia 12 hari silam setelah rekan setimnya sekaligus pemuncak klasemen, Nico Rosberg, menghantam bagian belakang mobilnya, mengakhiri sesi dengan catatan waktu 1 menit 26,187 detik.

Jenson Button, mantan rekan setimnya di McLaren, mencatatkan waktu tercepat urutan kedua di trek kering dengan catatan 1: 26.995 detik.

Hamilton tertinggal 29 angka di belakang Rosberg di klasemen, dengan tujuh balap tersisa dan bertekad mengejar rival Jermannya itu, yang dihukum oleh tim karena masalah tubrukan.

Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, menjadi pebalap tercepat urutan keempat, dengan pebalap pemula asal Denmark, Kevin Magnussen, mendampingi Button dengan torehan waktu urutan kelima untuk McLaren, yang terakhir kali memenangi balap pada 2012.

Juara dunia empat kali dari Red Bull, Sebastian Vettel, pemenang tahun lalu di "katedral" otomotif Italia, hanya menduduki urutan tercepat keenam sedangkan rekan setimnya yang berasal dari Australia, Daniel Ricciardo, di urutan ke-16.

Ricciardo, yang banyak disukai penggemar tuan rumah dan sedang mengejar kemenangan ketiganya secara beruntun, harus menepi pada sebagian besar sesi karena masalah power unit.

Pasangan Williams, yakni Valtteri Bottas dan Felipe Massa, berada di urutan ke-12 dan ke-13, namun mereka kelihatannya akan lebih kompetitif pada sore hari.

Pada bagian lambat di trek, pebalap Spanyol, Roberto Merhi, melakukan penampilan debutnya di akhir pekan Formula 1 dan mencatatkan waktu yang lebih cepat dibanding pebalap reguler Marcus Ericsson yang mengendarai Caterham lainnya.

Merhi akan mengembalikan mobilnya kepada pebalap Jepang, Kamui Kobayashi, yang kembali setelah dicoret tim untuk Spa, untuk seluruh ajang akhir pekan ini.

Pebalap cadangan Spanyol, Daniel Juncadella, juga sempat melaju dengan Force India, sedangkan pebalap Prancis, Charles Pic, diserahi mobil kompatriotnya, Romain Grosjean, Lotus, untuk sesi itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014