Semarang (ANTARA News) - Tunggal putri Indonesia asal klub Djarum Kudus, Maria Febe Kusumastuti, berhasil melangkah ke perempat final kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open 2014 setelah mengalakan Li Chiew Sien (Malaysia) pada babak kedua.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Jumat, mengatakan, Marai Febe harus bisa membuktikan kalau dirinya masih bisa bersaing dengan pemain yang lainnya.

"Sudah seharusnya --setelah terkena degradasi dari pelatnas-- seperti Hayom Tumbaka, Maria Febe harus bangkit," katanya.

Pada babak kedua kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut Maria Febe Kusumastuti yang kini menempati peringkat 41 dunia mengalahkan tunggal putri Malaysia dengan angka rubber game 21-14, 29-30, 21-19.

Pada babak perempat final, Maria Febe yang menempati unggulan ketiga akan bertemu pemain Jepang Nozomi Okuhara yang sebelumnya mengalahkan pemain Taiwan Tang Wan Yi dengan dua game langsung 21-11, 21-12.

Pertemuan kedua pemain pada babak perempat final ini merupakan yang ketiga dan skor pertemuan mereka saat ini 2-0 untuk keunggulan pemain Jepang yang peringkat 80 dunia.

Tunggal putri Indonesia lainnya Adrianti Firdasari juga melangkah ke babak perempat final setelah menyingkirkan Chochuwong Pompawee dari Thailand dengan rubber game 21-19,14-21,21-10.

Pada babak perempat final, Firdasari yang menempati unggulan keempat akan bertemu unggulan kelima dari Jepang kaori Imabeppu yang sebelumnya menyingkirkan pemain Taiwan Lin Ying Chun 21-10,21-11.

Pertemuan Adrianti yang kini menempati peringkat 50 dunia dengan Kaori Imabeppu yang menempati peringkat 56 dunia merupakan yang pertama kalinya.

Pada nomor ganda putri, Indonesia menempatkan tiga pasangan pada babak perempat final. Mereka adalah pasangan Mareta Dea Geovani/Rosyita Eka Putri Sari, unggulan ketiga Dian Fitriani/Nadya Melati, dan Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istirani.

Pada babak kedua, pasangan Mareta Dea Geovani/Rosyita Eka Putri Sari membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan pertama Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai dari Thailand dengan dua game langsung 21-16,21-18. Pada babak delapan besar mereka akan bertemu Tan Wei Han/Dellis Yuliana (Singapura).

Kemudian unggulan ketiga Dian Fitriani/nadya Melati melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan pasangan Malaysia Joyce Wai Chi Choong/Yap Cheng Wen dengan angka 21-10,21-11.

Pada babak delapan besar mereka akan bertemu pasangan tuan rumah Nguyen Thi Sen/Vu (B) Thi Trang yang sebelumnya mengalahkan pasangan Indoesia lainnya Ririn Amelia/Komala Dewi 21-13,21-17.

Kemudian Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istirani melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan Chen Hung Yu/Huang Mei Ching (Taiwan) 21-15,21-15.

Pada babak perempat final akan bertemu pasangan Malaysia Cheah Yee See/Goh Yea Ching yang secara mengejutkan menumbangkan unggulan kedua dari Indonesia Shendy Puspa Irawati/Vita Marissa dengan rubber game 15-21,21-13,21-17.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014