Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka akan bertemu pemain tuan rumah Nguyen Tien Minh pada babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open 2014.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Jumat malam, mengatakan, peluang Hayom lawan Tien Minh cukup ramai dengan catatan Hayom tampil lebih sabar lagi.

"Saya kira pertemuan kedua pemain itu akan rame. Hayom memiliki peluang terbuka asalkan yang bersangkutan bermain sabar dan harus menunggu Nguyen lengah kemudian baru menyerangnya," kata Yoppy.

Skor pertemuan Hayom Rumbaka yang kini menempati peringkat 25 dunia dengan Nguyen Tien Minh yang menempati peringkat 23 dunia adalah 2-0 untuk keunggulan pemain asal Vietnam tersebut.

Dua kekalahan Hayom dari Tienh Minh yaitu pada Vietnam International Challenge 2009 (13-21,15-21) dan Vietnam Grand Prix 2008 (26-28,16-21).

Hayom Rumbaka yang menempati unggulan pertama pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut setelah mengalahkan pemain Malaysia Mohamad Arif Abdul Latif dari Malaysia yang menempati unggulan kedelapan dengan rubber game 19-21,21-13,22-20.

Sementara itu pemain Vietnam yang menempati unggulan ketiga tersebut menyingkirkan unggulan keenam dari Hong Kong Ng Ka Long dengan 21-16,21-18.

Sementara itu pemain Indonesia asal Djarum Kudus lainnya Andre Kurniawan Tedjono yang menempati unggulan kesembilan gagal melangkah ke babak semifinal setelah dikalahkan unggulan kelima dari India Prannoy HS dengan dua game langsung 21-13,21-10.

Pada babak empat besar, pemain India tersebut akan menghadapi unggulan ke-10 dari Malaysia Tan Chun Seang yang menyingkirkan pemain Jepang Kanta Tsuneyama 21-13,21-14.

Sementara itu pada nomor tunggal putri, Indonesia gagal menempatkan wakilnya pada babak semifinal setelah dua wakilnya yaitu Maria Febe Kusumastuti dan Adrianti Firdasari terhenti di babak perempat final karena kalah dari lawan-lawannya.

Pemain asal Djarum Kudus Maria Febe Kusumastuti yang menempati unggulan ketiga dikalahkan pemain Jepang Nozomi Okuhara 13-21,12-21. Dengan kekalahan ini maka skor pertemuan mereka menjadi 3-0 untuk keunggulan pemain asal Jepang tersebut.

Sementara itu Adrianti Firdasari yang menempati unggulan keempat dipaksa harus mengakui keunggulan pemain Jepang lainnya Kento Imabeppu yang menempati unggulan kelima dengan rubber game 11-21, 21-15, 7-21.

Dengan hasil ini babak semifinal tunggal putri akan mempertemukan antara Nozomi Okuhara (Jepang) melawan pemain tuan rumah Vu Thi Trang dan sesama pemain Jepang Kaori Imabeppu melawan Aya Ohori.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014