Jakarta (ANTARA News) - Politisi PDI Perjuangan M Prakoso mengatakan gerakan rekonsiliasi yang dilakukan Bupati Kudus, Musthofa dengan membangun komunikasi bagi relawan Jokowi-JK dan relawan Prabowo-Hatta patut menjadi contoh di daerah lain.

"Ini paling tidak mampu membangun kembali harmonisasi kehidupan politik di Jawa Tengah, dan ini patut mendapat pujian," kata M Prakoso ketika dihubungi wartawan, Sabtu.

Ia mengatakan situasi politik pascapilpres memang perlu dilakukan penataan. Meskipun secara umum tidak terlihat ada ketegangan yang terjadi. Namun tetap harus dimulai kembali komunikasi yang lebih luas pada berbagai kelompok.

"Gerakan rekonsiliasi relawan Jokowi-JK dan relawan Prabowo-Hatta dapatlah menjadi motor perubahan baru. Paling tidak menyikapi laju pemerintah terpilih pada lima tahun ke depan," katanya.

Menurut Prakosa demokrasi itu memang melelahkan dan itu memang proses terbaik dalam membangun pemerintahan, namun tetap harus dibantu seluruh elemen, termasuk para relawan.

"Rekonsiliasi relawan Jokowi-JK dan relawan Prabowo-Hatta dapat memberikan warna pembangunan di Jawa Tengah. Agar bisa segera memperbaiki kehidupan politik daerahnya," katanya.

Mantan menteri kehutanan era Megawati ini berharap proses rekonsiliasi relawan tersebut menjadi kekuatan baru untuk mendorong perubahan yang lebih cepat sehingga mencapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014