Beirut (ANTARA News) - Pesawat-pesawat tempur Suriah membom satu toko roti yang dikelola gerilyawan ISIS di kota Raqqa, menewaskan 25 orang dalam serangan Sabtu yang juga menghantam satu pusat pelatihan yang digunakan kelompok itu, kata satu badan pemantau perang itu.

Serangan-serangan udara di Raqqa, pangkalan kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) yang kini berganti nama IS (Negara Islam) sekitar 400 km timur laut Damaskus juga menhantam satu gedung yang digunakan sebagai pengadilan Islam, dan satu kantor kelompok itu, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Rami Abdulrahman, pendiri SOHR mengatakan toko roti itu dikelola kelompok garis keras itu.

SOHR yang mengumpulkan informasi dari semua pihak dalam perang saudara itu, mengatakan mereka yang tewas itu termasuk 12 warga sipil dan sembilan petempur ISIS.

ISIS, yang merebut daerah-daerah luas di Irak dan Suriah mengusir pasukan pemerintah Suriah terakhir dari Raqqa akhir Agustus di mana para petempurnya merebut satu pangkalan udara, menahan dan kemudian mengeksekusi sejumlah tentara Suriah.

Dalam satu berita stasiun Televisi pemerintah Suriah mengatakan kesatuan-kesatuan tentara telah menghancurkan senjata-senjata dan gudang amunisi yang digunakan para petempur ISIS di Raqqa, "menewaskan sejumlah petempur mereka di beberapa daerah". Stasiun televisi itu tidak merinci lebih jauh.

Raqqa adalah pangkalan utama ISIS di Suriah. Kelompok itu telah mnguasai sebagian besar aspek kehidupan sipil di kota itu termasuk toko roti, bank-bank, sekolah-sekolah, pengadilan-pengadilan dan masjid-masjid.

Amerika Serikat membentuk aliansi untuk menyerang kelompok itu di Irak. Presiden AS Barack Obama Jumat mengatakan sekutu-sekutu NATO siap bergabung dengan AS dalam aksi militer untuk mengalahkan kelompok itu di Irak.

Pemerintah Suriah mengatakan pihaknya diajak bekerja sama dalam memerangi ISIS. Tetapi negara-negara Barat yang mendukung para pemberontak melawan Presiden Bashar al-Assad menolak gagasan kerja sama dengan Damaskus dan menyebut Bashar sebagai bagian dari masalah itu.

SOHR melaporkan enam petempur ISIS tewas akibat serangan udara terhadap kamp pelatihan itu, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RN)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014